Jafri Akan Terus Rotasi Kiper PSIS

Dalam lima laga bersama Jafri Sastra, posisi penjaga gawang PSIS selalu berganti di tiap pertandingan.

MAGELANG – Pelatih PSIS Jafri Sastra sudah menetapkan kebijakan untuk merotasi kiper sampai akhir musim. Kualitas dua kiper senior yang dimiliki Mahesa Jenar jadi pertimbangan sang juru taktik.

Jandia Eka Putra jadi pilihan saat PSIS melakoni laga kandang. Foto: metrojateng.com/tri wuryono

Jandia Eka Putra dan Joko Ribowo bakal berbagi peran untuk mengawal gawang PSIS di sisa musim ini. Dua shot stopper senior itu dinilai memiliki kualitas sepadan, sehingga akan mendapat porsi yang sama dari Jafri Sastra.

Dalam lima laga bersama Jafri Sastra, posisi penjaga gawang PSIS selalu berganti di tiap pertandingan. Rinciannya, Joko Ribowo tiga dan Jandia dua kali tampil.

Jafri pun menyebut rotasi di sektor kiper juga menjadi bagian strategi. Tak hanya skill, kesiapan mental juga menjadi penilaian pelatih asal Padang sebelum menentukan pilihan utama di bawah mistar.

“Inilah perlunya kedalaman skuad. Karena kualitas mereka (Jandia dan Joko) tidak jauh berbeda, saya akan melihat kesiapan secara mental, siapa yang main home atau away,” kata Jafri usai PSIS menaklukkan Barito Putera, akhir pekan kemarin.

Pada laga terakhir kontra Barito Putera, Jandia Eka menjadi pilihan pertama. Di era Jafri Sastra, eks kiper Semen Padang itu juga tampil sebagai starter saat Mahesa Jenar menang 4-2 atas Perseru Serui, juga di laga kandang.

Musim ini Jandia sudah menjalani 19 laga bersama PSIS dengan menit bermain 900 dan menorehkan tujuh kali clean sheet. Saat diarsiteki Vincenzo Alberto Annese, kiper 31 tahun itu hanya tiga kali absen dan dua kali diganti di pertengahan pertandingan.

Sedangkan Joko Ribowo dipercaya sebagai starter saat PSIS menjalani laga away. Penjaga gawang yang direkrut jelang akhir paruh musim, tampil di kandang PSMS Medan, Persija dan Persela Lamongan.

Jokri, sapaannya, sempat sekali menjadi starter bersama Annese saat PSIS dipermalukan Bhayangkara FC 1-2. Dia menjalani debut sebagai kiper Mahesa Jenar menggantikan Jandia yang mengalami cedera saat PSIS takluk 0-2 di kandang Bali United, 4 Agustus silam. Masuk di menit 74, Jokri berhasil mencegah tuan rumah menambah keunggulan.

Sepanjang musim ini Joko Ribowo sudah tampil 15 kali, sebanyak 10 di antaranya bersama Arema FC. Meski selalu kebobolan dalam empat kesempatan sebagai starter bersama PSIS, kiper 29 tahun mencatat lima kali clean sheet saat membela Singo Edan.

Sebenarnya PSIS masih memiliki dua kiper lagi, yakni Sendri Johansyah dan Satriawan Eka Putra. Namun kedua penjaga gawang muda itu belum cukup teruji bermain di level atas.

Dengan kualitas dan pengalaman yang dimiliki Jandia dan Joko Ribowo, Jafri pun bisa nyaman merotasi kiper.¬† “Siapapun yang tampil harus memberi 100 persen kemampuan,” tegasnya. (twy)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.