Inilah Profil Bambang Wuryanto, Ketua PDIP Jateng

Bambang Wuryanto Foto Metrojateng/dok
Bambang Wuryanto
Foto Metrojateng/dok

SEMARANG – Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul terpilih sebagai Ketua DPD PDIP Jateng 2015-2020 dalam Konferensi Daerah di Kantor DPD PDIP Jateng, Gedung Panti Marhaenis, Semarang, Kamis (19/3). Bambang menggantikan Heru Sudjatmoko yang kini menjabat Wakil Ketua Kehormatan DPD PDIP Jateng.

Pria bergelar insinyur ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP Bidang Energi dan Pertambangan. Senioritasnya di PDIP tidak perlu diragukan. Ia adalah kader lawas yang sudah malang melintang di DPR sejak periode 2004, 2009, dan terpilih lagi pada Pemilu 2014.

Ia melaju ke Senayan dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah 4 yang meliputi Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen. Di DPR periode 2014-2019, Bambang duduk di komisi VI DPR RI yang berfokus pada Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM, BUMN, Standarisasi Nasional. Di alat kelengkapan dewan, ia kebagian tugas sebagai anggota Badan Anggaran.

Suami dari Ir. Sutarni ini lahir di Sukoharjo, Jawa Tengah pada 17 Juli 1958. Ia lulusan dari SDN Makam Haji tahun 1971, SMPN 9 Surakarta pada tahun 1974, dan SMAN 1 Surakarta pada tahun 1976. Bambang meraih gelar insinyur di jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada tahun 1990, dan pada tahun 1993 meneruskan ke Prasetya Mulya Jakarta.

Bapak satu anak ini mempunyai banyak pengalaman organisasi. Di antaranya bergabung dalam Paguyuban Wonogiri Seluruh Indonesia, PSSI dan PBUSI, Keluarga Besar Marheinis (KBM), juga GSNI dan GMNI. Pengalaman kerja yang pernah dilalui Bambang antara lain adalah menjadi direktur LPPM Yogjakarta pada 1987-1994, Dirut PT Sarana Yasa Manunggal sejak tahun 1998 sampai sekarang, bekerja di PRISMAGAMA dan menjadi staf pengajar di STIE YKPN Yogya sejak tahun 1987 sampai dengan tahun 1994.(byo)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 7 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.