Ini Tips Belajar Ala Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengajar di SMA Negeri 1 Sayung Demak dalam program Gubernur Mengajar
?

DEMAK – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan tips belajar dalam kegiatan “Gubernur Mengajar” di SMK 1 Sayung, Kabupaten Demak, Rabu (15/3/2017). Hal itu setelah salah satu siswa bertanya mengenai pola belajar Gubernur saat masih di SMA.

“Saya itu termasuk orang yang tidak punya, di antara teman-teman saya. Jadi, banyak teman yang memberikan pinjaman buku pada saya, saat itu,” ujar Ganjar Pranowo di hadapan ratusan siswa SMK 1 Sayung.

Sejak SMA, dirinya sudah hidup mandiri dengan kos bersama dua saudaranya yang kuliah di Yogyakarta. Selama itu, dia tekun membaca buku.
“Senin sampai sabtu, jangan sampai lepas buku. Buku yang didapat dari pinjaman atau diberi teman itu saya baca,” paparnya.
Selain itu, kemandirian hidup menjadi anak kos membuatnya cukup lihai dalam bidang masak-memasak.
“Kamu diajari masak apa di jurusan boga,” katanya kepada barisan para siswi.
Siswa bernama Nurul Fika tersebut menjawab ikan. Lalu Ganjar meminta siswa menjelaskan cara menggoreng ikan lele yang benar dan enak.

“Pertama ikan dibersihkan, dilumuri bumbu lalu digoreng,” kata siswa kelas XII itu.

Sayangnya, jawaban siswa itu menurut Ganjar salah. “Kalau caranya begitu, aku yakin ora enak, bumbune ora meresep,” tukas Ganjar.

Orang nomor satu di Jateng itu lalu menjelaskan. Bahwa sebelum dilumuri bumbu, ikan lele harus diiris tipis dengan pisau. Tujuannya agar ketika dilumuri bumbu bisa meresap. “Diiris dulu tipis-tipis, bumbune meresep, enak mesti,” tambahnya.

Gubernur mengajar selama 1,5 jam itu berlangsung dengan penuh canda. Ratusan siswa dan para guru ger-geran mendengar dialog Ganjar dengan para siswa.

Sebelumnya Ganjar sempat meninjau kondisi sekolah yang berdiri sejak 1994 tersebut. Ternyata ada beberapa kelas yang tidak bisa digunakan karena setiap hari terendam air rob.

“Butuh ditinggikan lantainya, sementara belum ada dana,” kata Kepala Sekolah SMK 1 Sayung Sutoko.(MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 31 = 33

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.