Ini Tiga Jalur Seleksi Masuk Undip, Catat Aturan Mainnya

SBMPTN tahun ini hanya ada satu metode tes yaitu ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dengan dua materi tes yaitu tes materi skolastik dan tes kompetensi akademik.

Undip Sosialisasikan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di wilayah Pantura. Foto: dokumentasi.

 

SEMARANG – Universitas Diponegoro mensosialisasikan Seleksi Masuk Peguruan Tinggi Negeri di SMA Negeri 1 Pemalang dan SMA Negeri 1 Brebes Wilayah Cabang Dinas Pendidikan XI dan XII, Kamis (17/1/2019) yang dihadiri lebih dari 200 kepala sekolah serta tenaga kependidikan.

 

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI dan XII Pemalang, Tegal, Pekalongan, dan Brebes sendiri prospek lulusan SMA memang telah didesain untuk masuk atau melanjutkan di PTN. Tetapi tidak menutup kemungkinan lulusan dari SMK juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah selain melanjutkan untuk bekerja sesuai kejuruan masing- masing.

 

Dalam paparannya Undip diwakili Ketua LP2MP, Edy Rianto mengatakan tahun ini seleksi masuk PTN diselenggarakan institusi bernama LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru dari Kemenristekdikti.

 

“Dalam SBMPTN tahun ini hanya ada satu metode tes yaitu ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dengan dua materi tes yaitu tes materi skolastik dan tes kompetensi akademik. Pihak sekolah diharapkan segera mengisi data pangkal sekolah atau PDSS sampai batas waktu, yaitu 24 Januari 2019 agar pihak universitas dapat memverifikasi data yang masuk. Pembekalan kepada para anak didik oleh sekolah juga sangat diperlukan agar nantinya siswa tidak salah memilih program studi.” katanya.

 

Dia menambahkan, pola seleksi masuk PTN, khususnya Undip tetap dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Adapun daya tampung SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN 40 persen, dan Seleksi Mandiri 30 persen dari kuota daya tampung tiap prodi PTN. (ade)

 

 

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.