Ini Saran Juru Kunci Bagi Pendaki Merapi

Juru kunci Gunung Merapi, Asihono. (Metro Jateng/MJ-07)
Juru kunci Gunung Merapi, Asihono. (Metro Jateng/MJ-07)

BOYOLALI – Melakukan pendakian ke gunung Merapi, tidak asal naik saja. Namun ada tata cara yang mesti ditaati. Termasuk pendakian ke gunung teraktif di dunia itu.

Ini pesan juru kunci Merapi, Asihono, bagi yang akan mendaki gunung di perbatasan Jateng-DIY tersebut. Anak ketiga Mbah Marijan itu meminta kepada para pendaki gunung Merapi untuk menghormati alam. “Dalam kehidupan kita ada tata cara, adat istiadat. Begitu pula dalam mendaki gunung, ada tata cara tersendiri,” kata Asih, ditemui di Basacamp barameru Selom Boyolali, Sabtu (30/5), dalam acara doa bersama untuk almarhum Eri Yunanto (21), pendaki yang jatuh ke kawah Merapi.

Meskipun hanya gunung yang beruapa alam, namun kita harus menghormati alam. Lebih-lebih dalam budaya di masyarakat sekitar Merapi, apa yang menjadi pranata atau larangan harus diperhatikan. Meski secara lahir, gunung berupa alam, namun secara batiniah tentu di gunung Merapi ada yang makhluk ciptaan Allah yang menguasai Merapi.

“Waktu saya kecil, simbah saya Mbah Hargo pernah bicara, ‘Le kowe nek munggah gunung Merapi kudu nindakno sing apik, ngomong yo sing apik,” kata Asih menceritakan.

Jadi, lanjut dia, kalau lelah jangan menyebut lelah. Kalau dingin juga jangan bicara dingin. Cukup dibatin saja dan memakai jaket yang tebal.

Di gunung Merapi, katanya, ada yang menjaga bernama Nyai Gadung Melati. “Kalau naik saya dipesan agar tidak mengenakan pakaian berwarna hijau. Karena itu menyerupai dengan warna yang dipakai Ny Gadung Melati,” jelasnya.

“Tetapi itu dulu. Sekarang monggo saenipun pripun. Setiap daerah punya adat-istiadat sendiri. Tetapi saya kira diseputaran Merapi hampir sama,” tambahnya.

Asih menandaskan, bahwa pendaki yang naik ke Merapi harus mempunyai etikad, tingkah laku dan bicara yang baik. Sehingga akan menghasilkan dampak yang baik pula baik untuk pribadi pendaki maupun lingkungan alam. (MJ-07)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

4 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.