Ini Perbedaan Vaksin Dewasa dan Vaksin Anak

 

MEMBAHAS mengenai vaksin dewasa dan vaksin anak, mungkin beberapa orang menganggap kedua hal tersebut  memiliki cara kerja yang berbeda. Namun, sebenarnya vaksin untuk orang dewasa dan anak memiliki cara kerja yang sama. Mungkin perbedaan yang ditemui terletak pada dosis dan kandungan yang ada di dalamnya. Vaksinasi pada anak lebih dikenal dengan sebutan imunisasi oleh para ibu-ibu. 

Perbedaan Vaksin Dewasa dan Vaksin Anak 

Pada dasarnya vaksinasi dan imunisasi memiliki sistem kerja yang berbeda, berbeda tersebut kerap kali diabaikan atau tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Hal tersebut terjadi karena masyarakat menganggap vaksinasi dan imunisasi memiliki manfaat yang sama yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu jenis penyakit. 

Vaksinasi termasuk jenis imunisasi aktif yang merupakan proses pemberian vaksin dengan cara injeksi atau disuntikan dan ditetes melalui mulut yang bertujuan untuk meningkatkan produksi antibodi agar tubuh mampu menangkal suatu jenis penyakit. Sedangkan untuk imunisasi adalah proses dalam tubuh agar seseorang memiliki kekebalan tubuh terhadap suatu jenis penyakit, imunisasi sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu imunisasi aktif dan pasif. 

Vaksinasi sendiri tergolong ke dalam imunisasi aktif sebagai usaha untuk memicu tubuh mengeluarkan antibodi untuk melawan penyakit jenis tertentu. Untuk imunisasi pasif sendiri merupakan pemberian antibodi ke tubuh dalam artian tidak memancing tubuh untuk menghasilkan antibodi sendiri, salah satu contohnya yaitu suntikan imunoglobulin. 

Namun, imunisasi pasif cenderung tidak bertahan lama untuk jangka panjang hanya dapat bertahan dalam hitungan minggu hingga bulan sedangkan imunisasi aktif dapat bertahan lebih lama hingga seumur hidup. Seperti yang dikemukakan oleh Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, imunisasi penting dilakukan dan bermanfaat mencegah penularan penyakit yang tergolong berbahaya. 

Cara Kerja Vaksinasi Pada Tubuh

Setelah mengetahui perbedaan antara vaksinasi dan imunisasi, kini saatnya Anda untuk mengetahui juga cara kerja vaksin yang telah disuntikan ke dalam tubuh. Dalam melakukan vaksinasi ada jenis vaksin yang diberikan ke dalam tubuh seseorang. Di dalam vaksin tersebut umumnya mengandung virus dan bakteri yang telah dilemahkan dan juga berisi protein yang serupa dengan bakteri yang didapatkan dari pengembangan di laboratorium.

Kandungan yang ada di dalam vaksin tersebut akan menimbulkan reaksi imunitas pada tubuh sehingga kandungan tersebut dapat membantu tubuh mempersiapkan antibodi untuk melawan serangan infeksi penyebab jenis penyakit tertentu di kemudian hari, proses tersebut disebut imunisasi dalam tubuh manusia. 

Dalam metode pemberian vaksin dalam imunisasi aktif dilakukan secara berbeda-beda, pada beberapa jenis vaksin yang diberikan hanya diberikan satu kali seumur hidup dan ada pula yang diberikan secara bertahap agar kekebalan tubuh dapat terbentuk dengan sempurna.

Manfaat Imunisasi untuk Anak dan Orang Dewasa

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa imunisasi bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi pada tubuh yang akan menimbulkan suatu jenis penyakit tertentu dan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Manfaat dari imunisasi untuk orang dewasa dan anak-anak yaitu untuk melindungi tubuh dari suatu penyakit. 

Dengan begitu kondisi kesehatan anak-anak dan orang dewasa yang melakukan imunisasi dapat terjamin dari serangan penyakit tertentu yang cukup berbahaya. Memiliki tubuh yang sehat pasti menjadi dambaan semua orang untuk itu imunisasi sangat penting dilakukan pada anak-anak hingga orang dewasa.

Setelah Anda memahami perbedaan antara vaksin orang dewasa dan vaksin anak serta mengetahui manfaat dari kedua hal tersebut. Jika Anda terbesit keinginan melakukan vaksinasi terhadap diri Anda sendiri dan si kecil namun masih kebingungan, Anda dapat melakukan konsultasi melalui aplikasi Halodoc. 

Di aplikasi Halodoc, dapat bertanya seputar imunisasi dan mencari informasi seputar jadwal imunisasi yang dianjurkan untuk orang dewasa dan buah hati Anda. Selain jadwal, Anda juga bisa mencari tau lokasi vaksin terdekat dengan tempat tinggal Anda, seperti misalnya lokasi vaksin Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Tidak heran jika Halodoc sangat dianjurkan untuk Anda unduh. 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.