Ini Penyebab Balok Penyangga Lantai Jembatan Tol Kali Kutho Jatuh

KENDAL – Penyebab balok penyangga lanta jembatan tol Kali Kutho yang runtuh dan jatuh ke sungai, akibat crane yang tidak stabil saat penggantian kawat. Getaran pada crane mengakibatkan balok yang diangkat tidak stabil dan terlepas sementara kawat tidak kuat menahan beban berat sehingga balok penyangga lantai jembatan jatuh.

Balok penyangga Jembatan Kali Kutho yang jatuh ke sungai akibat tidak kuat menahan beban saat penggantian kawat, Jumat (13/7) malam. Foto: edi prayitno

Manager proyek pembangunan jembatan tol Kali Kutho, Muhammad mengatakan, jatuhnya balok penyangga lantai atau cross girder karena tidak stabilnya crane. Balok penyangga lantai jembatan tol Kali Kutho nomor delapan dan sembilan, bergoyang akibat getaran crane.

“Akibatnya kawat terlepas dan tidak kuat menahan beban balok penyangga seberat 30 ton,” katanya, Sabtu (14/7).

Dijelaskan Muhammad, crane mengangkat balok penyangga lantai untuk mengganti kawat penyangga sementara dengan kawat permanen yang lebir besar. Saat kawat penyangga sementara dilepas dan balok penyangga lantai ditopang crane terjadi getaran.

Lepasnya balok penyangga lantai jembatan dari crane mengakibatkan gerakan kejut dan kawat tidak bisa menahan hingga balok terjatuh. “Tidak ada korban jiwa. Untuk material utama kondisi masih baik dan balok penyangga lantai yang mengalami kerusakan akan diperbaiki kembali,” imbuhnya.

Akibat kejadian ini proses pembangunan jembatan Kali Kutho sementara dihentikan dan butuh waktu empat hari untuk mengangkat balok yang jatuh ke sungai. Balok penyangga lantai jembatan Kali Kutho sendiri berjumlah 20 buah dengan panjang 32 meter dan lebar 5,03 meter.

Sebelumnya diberitakan, tiang penyangga lantai jembatan tol Kali Kutho di perbatasan Kendal-Batang, putus dan runtuh, Jumat (13/7) tengah malam. Dua cross girder jatuh ke sungai dan tali penyangga ikut putus. Suara keras tiang penyangga yang putus sempat mengagetkan warga sekitar jembatan tol. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

41 − = 36

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.