Ini Kuliner Paling Ekstrim Se-Jateng: Sate Landak Tawangmangu

sate-landak-tawangmangu-karanganyar

Pesona wisata dataran tinggi Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar tak perlu diragukan lagi. Udara yang amat sejuk dengan pemandangan perbukitan menjadikan kawasan wisata ini ramai dikunjungi saat musim liburan. Salah satu obyek wisata andalan di Tawangmangu adalah air terjun Grojogan Sewu. Selain itu terdapat pula camping ground dan vila-vila yang disewakan.

Ke Tawangmangu tak lengkap rasanya tanpa menyantap kuliner khasnya yaitu sate kelinci. Di tengah udara dingin yang menggigit kulit, menyantap sate kelinci dipercaya bisa menghangatkan badan. Bila masih terasa dingin, kita bisa memesan wedang Jahe Gepuk yang hangat dan melegakan tenggorokan.

Pesona Tawangmangu ternyata tak itu saja. Ada yang lebih mengejutkan yaitu Sate Landak. Bahkan bisa dibilang ini sebagai sensasi kuliner paling ekstrim di Jawa Tengah.

Bayangkan anda menikmati sate yang dagingnya berasal dari hewan yang sekujur tubuhnya dipenuhi duri-duri tajam ini.

sate-landak-tawangmangu-kuliner-jateng
Sate landak

Di Tawangmangu hanya ada satu rumah makan yang menyajikan Sate Landak. Letaknya sebelum masuk ke Pasar Tawangmangu, tepatnya di Jl. Raya Tawangmangu-Matesih Km 2. Disitu terdapat sebuah warung bernama Rumah Makan Gunung Mas.

Sate landak ini memiliki tekstur seperti sate kambing dan rasanya mirip sate ayam. Satu porsi dengan 10 tusuk sate dibandrol Rp 40 ribu. Lumayan mahal, tapi wajar saja karena bahan baku satenya memang susah didapatkan. Selain dijadikan sate, daging landak juga diolah menjadi rica-rica dan tongseng.

Selain landak, RM Gunung Mas juga menyediakan menu ekstrim lainnya seperti sate biawak dan sate tupai. Untuk minumannya tersdia menu bir pletok dan jinten hitam.

Sembari menunggu satenya matang, pengunjung bisa melihat-lihat penangkaran Landak di bagian belakang bangunan rumah makan. (tro)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 25 = 33

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.