Ini Delapan Lokasi Alternatif untuk Relokasi SMPN 16 Semarang

Rapat koordinasi Dinas Pendidikan dengan Komisi D DPRD Kota Semarang membahas sekolah yang terkena proyek tol Semarang-Batang.

 

SEMARANG – Dinas Pendidikan Kota Semarang cenderung untuk memilih melakukan relokasi SMPN 16 Semarang yang berada di Jalan Prof Hamka Kecamatan Ngaliyan, yang sebagian lahannya telah terkena pembebasan untuk proyek jalan tol Semarang-Batang seksi empat.

M Buyung Nasution, dari Dinas Pendidikan Kota Semarang saat rapat koordinasi dengan Komisi D DPRD Kota Semarang, mengatakan, sebanyak delapan lokasi alternatif relokasi sekolah saat ini sedang dipertimbangkan oleh Pemkot Semarang.

Dia menjelaskan saat ini ada dua kemungkinan terkait SMPN 16 yang terkena proyek tol tersebut. Yaitu merevitalisasi sekolah atau merelokasi sekolah ke lokasi yang baru. SMP 16 yang luasnya 9.062 m2 sudah dua kali terkena pembebasan untuk proyek jalan tol Tran Jawa tersebut.

Yakni tahap pertama telah terkena pembebasan lahan 1.777 m2 dan pada tahap kedua seluas 1.889 m2. Sehingga saat ini sisa lahan sekolah hanya tinggal separonya saja atau sekitar 5.403 m2.

‘’Dan dimungkinkan ada pembebasan lagi tahap ketiga di SMPN 16 untuk area manuver truk,’’ kata M Buyung Nasution, Rabu (13/2/2019) kemarin.

Buyung menyatakan, pihaknya saat ini sementara sudah mempunyai delapan lokasi alternatif jika SMPN 16 nantinya diputuskan direlokasi. Ke delapan titik lokasi alternatif untuk relokasi sekolah itu sudah siap diajukan Bagian Aset Pemkot Semarang ke Jasa Marga.

‘’Kami telah melakukan skoring berdasar di antaranya akses, kondisi lahan, kedataran, kedekatan permukiman, transportasi, harga penawaran dan lainnya. Jadi sudah ada delapan titik yang siap diajukan Bagian Aset ke Jasa Marga,’’ tandasnya.

Delapan titik lokasi alternatif untuk relokasi SMPN 16 Semarang tersebut adalah:

  1. Lahan eks bengkok di Wates, Ngaliyan dekat Kantor Badan SAR seluas 26.000 m2.
  2. Lahan warga (5 bidang, SHM) di Beringin, Ngaliyan belakang LP Kedungpane luas 10.220 m2.
  3. Lahan di Beringin (di arah Permata Medika menuju SMAN 8 Semarang), Ngaliyan luas 9.220 m2.
  4. Lahan milik perseorangan di dalam wilayah Perumahan Permata Puri, Ngaliyan luas 17.736 m2.
  5. Lahan depan Pertama Puri (5 bidang), Ngaliyan total luas 20.013 m2
  6. Lahan depan Perumahan Pandana Merdeka, Ngaliyan luas 9.137m2
  7. Lahan milik perseorangan (SHM) di depan SD Ngaliyan 5 sekitar 10.140 m2.
  8. Lahan milik perseorangan (2 bidang, SHM), Ngaliyan, belum disurvei, luas 7.669 m2. (duh)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.