Ini Agenda Lengkap Festival Cheng Ho 2018

Festival Cheng Ho 2018 telah masuk agenda wisata unggulan Kementerian Pariwisata.

SEMARANG– Arak-arakan perayaan Festival Cheng Ho kembali digelar tahun ini di Kota Semarang. Tidak main-main, untuk memeriahkan dan menarik wisatawan berkunjung, peringatan pendaratan Laksamana Cheng Ho itu bakal diselenggarakan selama 11 hari.

Kelenteng Sam Poo Kong menjadi pusat perayaan Festival Cheng Ho 2018. Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita

Sejumlah acara akan digelar mulai 9 Agustus 2018 hingga 19 Agustus 2018 di Kelenteng Sam Poo Kong. Adapun, berikut agenda yang dapat menjadi referensi masyarakat untuk hadir disana.

Pada hari pertama, Kamis, 9 Agustus, akan dilaksanakan Ritual Sembahyang oleh umat sebagai rasa syukur atas kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Indonesia. Sembahyang dilakukan pada pukul 18.00-19.00. Adapun, kegiatan itu sekaligus sebagai tanda dimulainya HUT Sam Poo Kong.

Sabtu, 11 Agustus, Cheng Ho Night Festival akan diselenggarakan sebagai wujud suka cita umat atas kedatangan Laksama Cheng Ho. Acara ini diselenggarakan malam hari sebelum arak-arakan pada pagi harinya. Pada malam tersebut berbagai kesenian daerah akan dipertunjukkan sebagai wujud keberagaman masyarakat, suku, agama, dan budaya.

Arak-arakan Patung Dewa atau Kimsin digelar Minggu, 12 Agustus. Rangkaian arak-arakan Patung Dewa ini dimulai dari Kelenteng Tay Kak Sie ke Kelenteng Sam Poo Kong pada pukul 05.00 hingga 07.00. Rombongan arak-arakan terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang mengharapkan berkah dan membawa tandu.

Sesaat setelah arak-arakan Kimshin di Kelenteng Sam Poo Kong juga akan digelar Panggung Kesenian bagi pengunjung yang datang. Tidak hanya kesenian tradisional Tionghoa, namun kesenian lain juga ikut tampil seperti Reog, Jatilan, Drumblek, Barongsay dan lainnya.

Masih dalam rangkaian acara Festival Cheng Ho, kegiatan Bakti Sosial juga diadakan pada Selasa, 14 Agustus. Adapun, agenda yang akan dilakukan yakni penyuluhan dan pengobatan gratis bagi warga.

Tidak hanya menyelenggarakan perayaan, Rabu, 15 Agustus, Napak Tilas Sejarah Cheng Ho akan diadakan untuk mengedukasi masyarakat Semarang. Adapun bentuk kegiatannya yaitu mengundang 1.000 siswa sekolah dari SD hingga SMA untuk mengetahui sejarah bangunan Klenteng Sam Poo Kong.

Pada Kamis, 16 Agustus sampai Jumat, 17 Agustus, Festival Cheng Ho akan menggelar berbagai Lomba-Lomba seperti kompetisi fotografi untuk umum dan professional, lomba menggambar dan mewarnai tematik untuk anak-anak. Dalam menyemarakkan acara tersebut selama 11 hari juga akan ada Bazaar Kuliner yang akan diisi berbagai minuman dan makanan khas Semarangan.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Ida Bagus Ketut Alamsyah mengatakan, pada tahun ini Festival Cheng Ho memang digelar lebih menarik karena telah masuk dalam Wonderful Event atau kegiatan unggulan Kementerian Pariwisata.

“Kebersamaan dalam keberagaman yang disuguhkan dalam festival tersebut menjadi daya tarik luar biasa bagi wisatawan baik domestik ataupun mancanegara. Tidak main-main, lebih dari 50.000 wisatawan bisa berkunjung ke Semarang setiap Festival Cheng Ho digelar,” katanya. (ang)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.