Ingat Perjuangan Leluhur, Ida Fauziyah Ziarah ke Makam Raja-Raja Demak

Ida Fauziyah bakal calon wakil Gubernur Jawa Tengah sedang berdoa di depan makan Sultan Demak I dan Sultan Demak II. (Foto: metrojateng/MJ-23)

Demak – Tanpa banyak yang tahu, Ida Fauziyah bakal calon wakil Gubernur Jawa Tengah mendatangi komplek makam raja-raja Kerajaan Demak. Ia bertujuan untuk berziarah dan mendoakan leluhur.

Dalam kesempatan itu, mantan ketua umum Fatayat NU itu juga membaca tahlil di ruangan khusus yang menjadi makam Sultan Trenggono. Ida juga berdoa di dekat makam pendiri kerajaan Demak, Raden Patah. Ketua Lembaga Ketahanan Keluarga (LKK) PBNU itu juga meminum air dari Gentong Kong Abad XIV yang berada di kompleks makam raja-raja demak di dekat Masjid Agung Demak.

Menurut Ida, ziarah ini merupakan bagian dari mengingat, sekaligus mendoakan raja-raja yang berperan membawa kejayaan Islam di tanah Jawa. “Untuk berziarah ke makam para leluhur. Para tokoh yang punya peran dalam penyebarab Islam,” ujar Ida Fauziyah, Rabu (31/1/2018)Sebelum ziarah, Ida bersilaturahmi dengan mantan wakil bupati Demak KH M Asyiq, serta tokoh masyarakat KH Anwar Said. Ida juga menyambangi keluarga mantan Bupat Demak almarhum Tafta Zani. Sebelumnya, Ida juga bersilaturahmi dengan pimpinan Ponpes Sabilul Huda, Kalikondang, KH Abu Mansur.
KH Anwar Said berpesan agar Ida menjadi sosok yang bermanfaat untuk ummat. “Kalau untuk ummat itu sudah termasuk pada dirinya. Kalau hanya bermanfaat bagi dirinya, maka belum bermanfaat pada ummat,” kata dia.(MJ-23)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 50 = 54

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.