Impor Tak Tepat Pengaruhi Produk Nasional

Apakah benar jumlah atau kuantitas barang yang diimpor sesuai dengan kebutuhan.

SEMARANG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara meminta pemerintah agar hati-hati mengimpor barang dari luar negeri. Hal itu dikarenakan barang-barang impor bisa mempengaruhi produksi barang nasional.

Juliari P Batubara. Foto: metrojateng.com/Ade Lukmono

“Instruksi Presiden Joko Widodo adalah untuk mengurangi ketergantungan impor bukan melarang impor sama sekali. Karena impor tidak bisa dihindari jika memang banyak permintaan yang tidak bisa hanya dipenuhi produksi nasional,” katanya di sela-sela kunjungan kerja di Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Selasa (14/8/2018).

Dia menambahkan, pekerjaan rumah bersama saat ini adalah meningkatkan produksi pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Apakah benar jumlah atau kuantitas barang yang diimpor sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kebutuhan impor hanya 100, tetapi yang diimpor sampai 500. Artinya, yang 400 ini sebenarnya tidak perlu,” kata Juliari.

Jika terpaksa harus mengimpor, kata dia, pemerintah harus benar-benar memperhitungkan sesuai dengan kebutuhan agar produk impor membanjir di pasaran yang akan memengaruhi harga produk lokal. “Sebisa mungkin kebijakan yang dikeluarkan jangan sampai malah merugikan masyarakat,” kata Juliari. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.