Ibu Rumah Tangga Bikin Pameran Seni Rupa

Peran perempuan di dunia kesenian bukan sekadar mengurus rumah tangga.

SEMARANG- Women Painter Community (Wopanco), komunitas pelukis wanita di Semarang menggelar pameran pertamanya di Rumah Popo, Jalan Branjangan, Kawasan Kota Lama, Semarang sejak Jumat-Minggu (7-9/12/2018).


Wopanco menggelar pameran pertama di Rumah Popo, Jalan Branjangan, Kawasan Kota Lama, Semarang, Jumat (7/12/2018). Foto: metrojateng.com/Efendi

Ketua Wopanco, Ratri Cipto Hening mengatakan, ada 22 seniman lukis perempuan terlibat pameran pertama setelah komunitas terbentuk pada 3 November 2018 lalu yang membuat lukisan pada tas, cangkir, furniture dan pakaian.

“Teman-teman anggota komunitas juga ada pelatihan gratis seperti melukis jaket dan beberapa lainnya,” ujar Ratri.

Wopanco, kata Ratri, ingin menunjukan peran perempuan di dunia kesenian bukan sekadar mengurus rumah tangga. Sehingga seniman perempuan bisa dikenal.

“Keberadaan kita itu bisa dirasakan manfaatnya. Kami juga bantu suami mencari uang. Jadi di sini kita tidak hanya ditekan untuk tugas domestik saja,” imbuh Ratri.

Ketua Komite Senirupa Dewan Kesenian Kota Semarang (Dekase), Gunawan mengatakan, Wopanco merupakan komunitas perempuan pertama di Kota Semarang yang bergerak di seni
visual.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang mereka lakukan ini. Ini juga bisa menjadi bagian dari kekayaan seni rupa di Kota Semarang. Apa lagi ini merupakan ibu-ibu yang karya-karyanya saya lihat tadi sangat bagus,” kata Gunawan. (fen)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.