Hujan Disertai Angin Akibatkan Puluhan Pohon Tumbang dan Banjir di Magelang

Selain banjir, juga terjadi tanah longsor di Dusun Tejosari Desa Tejosari Kecamatan Ngablak.

MAGELANG – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Magelang dan sekitarnya, mengakibatkan banjir di Dusun Ngablak, Kecamatan Ngablak, Kamis (24/1/2019). Pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa rumah serta menimpa jaringan listrik milik PLN.

Petugas Damkar membersihkan lumpur yang menutup akses jalan di Ngablak, Kabupaten Magelang. Foto: metrojateng.com/dok Damkar Kabupaten Magelang

Sebanyak 9 rumah warga terendam air dengan ketinggian antara 30-50 cm. “Sore tadi banjir lagi dan merendam rumah warga,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Kamis (24/1) malam.

Edi mengatakan, banjir terjadi karena sungai kecil yang melintas di desa itu tidka mampu menampung air akibat hujan deras yang terjadi sejak Rabu (23/1) kemarin. Air kemudian meluap dan sebagian masuk galengan dan membeludak sampai masuk rumah penduduk. Sebanyak 3 KK mengungsi ke balai sekretariat RT.

Petugas BPBD bersama relawan dan juga dari damkar langsung menuju ke lokasi untuk menangani masalah itu.

Selain banjir, juga terjadi tanah longsor di Dusun Tejosari Desa Tejosari Kecamatan Ngablak. Bahu jalan ambrol dan menutup jalan Dusun Tejosari-Jogonayan di 3 titik. Demikian juga di Dusun Noyogaten Desa Bandungrejo

Kepala kantor Damkar Kabupaten Magelang Heri Prawoto mengatakan, petugas melakukan penyemprotan setelah lokasi longsor dibersihkan. “Supaya tidak licin dan bisa dilalui kendaraan,” ucapnya.

Pohon Tumbang

Hujan juga mengakibatkan puluhan pohon pelindung maupun bambu tumbang. Pohon tumbang terjadi di 20 dusun di beberapa wilayah kecamatan. Tujuh rumah mengalami kerusakan ringan akibat tertimpa pohon.

Pohon tumbang di Dusun Sumber Salaman. Foto: metrojateng.com/dok BPBD Kabupaten Magelang

Pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa rumah serta menimpa jaringan listrik milik PLN.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Magelang, lokasi pohon tumbang antara lain di Dusun Sumber Ds. Sidomulyo Kecamatan Salaman mengakibatkan, pohon tumbang dan menutup akses Jalan Purworejo-Magelang.

Kemudian di Dusun Ngrajek Desa Mendut, Kecamatan Mungkid. Pohon tumbang di Dusun Jagan Ds. Pasuruhan Mertoyudan mengakibatkan akses jalan Soekarno-Hatta tertutup. Demikian juga di Dusun Deyangan Desa Banar, pohon tumbang menimpa 1 rumah dan menutup sebagian akses jalan.

Di Dusun Kendal dan Banar Desa Rambeanak Kecamatan Mungkid mengakibatkan padam karena pohon menimpa kabel listrik PLN. Hal sama terjadi di Dusun Ngaran desa Borobudur. Sementara di Dusun Karanganyar Rambeanak, pohon tumbang menutup akses jalan.

Masih di Kecamatan Mungkid, pohon tumbang menimpa 1 rumah, masing-masing di Dusun Serak dan Dusun Pabelan.

Pohon tumbang juga terjadi di Muntilan, Donorejo Mertoyudan, Dusun Kelon Borobudur, juga di Dusun Pronogaten Kalinegoro. Di dusun Tawangsari Ngadiharjo Borobudur, pohon menimpa jaringan listrik.

Sedangkan di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, pohon tumbang  sempat menutup akses jalan Borobudur-Jagalan. Di Dusun Sojomerto Desa Sidomulyo, pohon tumbang menimpa jaringan listrik.

Di Kecamatan Kaliangkrik pohon tumbang menimpa dapur rumah tepatnya di Dusun Temanggal Desa Bumirejo. Warga dibantu relawan segera melakukan penanganan. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.