Horison MT Haryono Ajak Awak Media dan Blogger Masak Soto Semarangan

Perubahan nama hotel merupakan harapan untuk berkontribusi positif ke kota.

SEMARANG- Hotel Horison MT Haryono mengajak sejumlah awak media dan blogger untuk mengikuti kelas memasak makanan utama hotel tersebut, yaitu Soto Semarangan.

Horison MT Haryono mengadakan Cooking Class bersama awak media dan blogger Semarang, Selasa (23/10/2018). Foto: metrojateng.com/Ade Lukmono

Para awak media dan blogger diberi arahan cara memasak Soto Semarangan kemudian mencoba langsung untuk mengolah bahan-bahan yang telah disediakan.

Sous Chef Horison MT Haryono, Martinus Ari Wibowo mengatakan Soto Semarangan berbeda dengan Soto Kudus, Soto Lamongan dan soto lainnya. Soto Semarangan memiliki kuah yang lebih bening dibanding lainnya.

“Bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar digoreng dengan minyak agar aromanya keluar. Setelah itu, baru ditambahkan air,” kata Ari, Selasa (23/10/2018).

Kemudian daun salam, sereh, daun jeruk dan kaldu ayam dimasukkan hingga tercampur rata. Setelah masak, barulah kuah diambil dan disiramkan ke bihun, suwiran ayam, tomat, tauge yang sudah disiapkan dalam mangkok.

Ari menuturkan, jika ingin membuat kaldu disarankan untuk menggunakan ayam kampung jantan. Menurutnya, daging ayam kampung jantan lebih memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat untuk dijadikan kaldu.

Tidak hanya membuat makanan utama, awak media dan blogger juga diajari cara membuat Pistuban, yaitu pisang kukus yang dicampur dengan santan, telur, gula dan vanilli. Pistuban dinilai cocok sebagai makanan yang disantap setelah makanan utama karena rasanya yang manis.

General Manager Horison MT Haryono, Arifandi mengatakan perubahan nama (rebranding) dari NJ Horison Semarang menjadi Horison MT Haryono merupakan harapan untuk dapat memberikan kontribusi positif seiring perkembangan ekonomi Kota Semarang.

Untuk itu, pihaknya juga sedang membangun Waroenk Dimsum di area luar hotel yang ditargetkan rampung pada 2019 mendatang. (ade)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.