Hendi Tegaskan akan Bangun Underpass Simpang Lima

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kembali menegaskan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengubah wajah Simpang Lima Semarang menjadi sebuah kawasan yang ramah lingkungan dan warga dengan membangun underpass.

Pemkot Semarang akan merealisasikan mega proyek underpass Simpang Lima. Foto: metrojateng.com/dok

Pembangunan underpass dinilai akan memiliki manfaat yang sangat besar seperti salah satunya mengurai kemacetan. Selain itu juga akan bermanfaat dari sisi komersil dimana secara ekonomi nantinya bagi para PKL dan masyarakat yang berdagang di seputar Simpang Lima bisa terlokalisasi. Di mana nantinya ada komplek PKL underground yang berada di basement underpass Simpang Lima.

‘’Konsepnya mega proyek underpass Simpang Lima, nanti akan ada 4 bagian yang 3 di antaranya basement sedalam 13 meter untuk ruang PKL, parkir dan pertokoan. Selain itu di bagian atas Simpang Lima masih tetap terdapat ruang public hijau,’’ kata Wali Kota Hendi, sapaannya, Minggu (29/7)

Selain itu, Hendi merincikan di kedalaman 9 meter juga akan terdapat basement 2 yang merupakan jalur undperpass dari Jalan Pahlawan menuju ke Jalan Gadjahmada. Lalu di bagian basement 1 merupakan jalur underpass dari Jalan Pandanaran, dimana titiknya di Merbabu menuju ke Jalan Ahmad Yani titik di kantor RRI.

‘’Di ruang publik hijau paling atas sendiri juga akan dijadikan dua sisi ruas jalan, salah satunya untuk dilalui oleh sepeda motor sebagai jalur lambat dan lokasi kawasan ruang hijau di satu ruasnya akan dipasang bebatuan,’’ ungkapnya.

Hendi mengajak seluruh warga Kota Semarang bersama Pemkot Semarang untuk tetap bekerjakeras, menciptakan Kota Semarang menjadi kota yang ramah seperti dahulu.

‘’Kita harus selalu bekerja keras tapi tidak cepat puas. Ke depan Kota Semarang harus ramah warga, tempat terbuka diperbanyak, dikasih taman, dan aman. Berkendara harus aman, transportasi ideal, jalan jangan rusak itu ramah, dan tidak individualistik,’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.