Hendi Dorong Atlet Semarang Tembus Level Dunia

Di Asian Games kemarin, sudah ada tiga atlet dari Semarang yang mendapat medali.

SEMARANG – Wali Kota Hendrar Prihadi menginginkan agar atlet Semarang tidak hanya puas berprestasi di tingkat regional. Kota Semarang diharapkan semakin banyak berkontribusi terhadap olahraga nasional dengan mengirimkan atletnya membela Tanah Air di level internasional.

Wali Kota Hendrar Prihadi secara simbolis memimpin pelepasan kontingen Porprov Kota Semarang di Balai Kota, Jumat (19/10/2018). Foto: metrojateng.com

Pria yang akrab disapa Hendi itu mengatakan, sukses tiga atlet asal Kota Semarang yang meraih medali Asian Games 2018 bisa dijadikan pemacu prestasi atlet lainnya. Menurutnya, hanya melalui prestasi yang membuat atlet Kota Lunpia bakal dilirik pusat.

Atlet-atlet Kota Semarang akan bertarung di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng yang dihelat di Solo, 19-25 Oktober 2018. Mereka ditarget mempertahankan gelar juara umum gelaran multieven tersebut.

“Kami berharap, lewat prestasi, atlet Semarang akan dilirik pengurus besar di tingkat pusat untuk kemudian membela Indonesia. Di situlah bagian dari prestasi olahraga. Di Asian Games kemarin, sudah ada tiga atlet dari Semarang yang mendapat medali. Sementara di Asian Paragames, ada satu. Itu membuktikan Kota Semarang mampu berkontribusi untuk Indonesia,” kata Hendi saat melepas kontingen Porprov Kota Semarang di halaman Balai Kota, Jumat (19/10/2018).

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, Porprov merupakan tolok ukur dari hasil latihan para atlet untuk bersaing di level yang lebih tinggi. Dia akan menilai, sejauh mana efektivitas pembangunan fasilitas atlet di Kota Semarang demi mendongkrak prestasi olahraga.

“Porprov ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi atlet. Tentu harapannya Kota Semarang bisa menjadi juara umum lagi seperti di Porprov 2013 di Banyumas. Dulu bisa dapat 152 medali emas. Kali ini targetnya 170 medali emas. Kalau target itu terpenuhi, pasti bisa jadi juara umum lagi,” lanjutnya.

Pemkot Semarang, kata Hendi, sudah menyiapkan bonus bagi atlet peraih medali Porprov. Satu keping medali emas dijanjikan bonus Rp 48 juta, perak Rp 20 juta dan perunggu Rp 10 juta.

“Bonus itu murni untuk atlet. Pelatih jangan ambil bagian dari bonus atlet karena sudah dianggarkan sendiri. Bonus sudah dianggarkan lewat APBD dan akan dicairkan pada Januari atau Februari 2019 mendatang,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Kontingen Kota Semarang, Heru Supriyono meminta dukungan dari semua pihak agar para atlet bisa mencapai target juara umum Porprov Jateng 2018. “Saya mohon dukungan dan doa restu masyarakat Kota Semarang agar atlet mampu meraih hasil maksimal,” katanya.

Kontingen Kota Semarang berkekuatan 893 orang, yang terdiri dari 350 atlet putra, 250 atlet putri dan ofisial. Mereka bakal bertarung di 45 cabang olahraga (cabor). Satu-satunya cabor yang gagal lolos adalah sepakbola.

Porprov Jateng 2018 dijadwalkan dibuka malam ini oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Selain Solo, beberapa cabor juga dipertandingkan di Boyolali, Blora, Karanganyar dan Semarang. Adapun cabor yang dihelat di Semarang adalah senam, golf dan road race. (twy)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.