Hembusan Angin Kencang Bahayakan Aktivitas Pelayaran

image
Ilustrasi

Puncak musim kemarau yang disertai hembusan angin kencang mulai melanda wilayah Semarang dan sekitarnya. Kondisi ini terlihat dari hasil pemantauan cuaca di Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Minggu (4/10) tepat pukul 10.00 WIB pagi.

Berdasarkan pengamatan analis cuaca BMKG diketahui, hembusan angin di daratan sejak dua hari terakhir terasa cukup kencang. Suhu udara pun terus merambat naik antara 35-36 derajat celcius. Ini kemungkinan besar dipengaruhi El Nino yang membawa gelombang panas dan angin kencang dari arah timur Indonesia.

“Hembusan angin kencang di Semarang pagi tadi masih berkisar 7 kilometer/jam, tapi ada potensi menjadi lebih besar lagi saat siang hari,” kata prakirawan cuaca Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Semarang, Zauyik, saat dikonfirmasi metrosemarang.com.

Zauyik menjelaskan, pusaran angin kencang membahayakan aktivitas pelayaran di Laut Jawa dan pantai Samudera Hindia, sebab gulungan ombak di dua tempat itu diperkirakan meninggi sekitar 2,7 meter.

Zauyik juga meminta kepada pemotor di jalan raya terkait gejala alam ini. “Kami mengimbau agar mewaspadai potensi-potensi kerusakan pohon akibat hembusan angin kencang. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 66 = 73

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.