Harimau Kebun Binatang Mangkang Lepas

Harimau dilumpuhkan dengan tiga tembakan bius.

SEMARANG- Dua harimau benggala (Panthera tigris tigris) piaraan Kebun Binatang Mangkang Semarang lepas, Rabu (5/12/2018) pukul 08.38. Kejadian awal diketahui oleh dokter Hendrik, petugas medis penjaga kandang harimau saat memeriksa kandang hewan buas itu pukul 08.38.

Petugas mengevakuasi harimau benggala yang lepas dari kandangnya di Bonbin Mangkang, (5/12/2018). Foto: metrojateng.com/dokumentasi BKSDA Jateng.

Kepala BKSDA Jateng, Suharman mengaku, setibanya di lokasi, petugasnya mendapati dua harimau yang terlepas dari kandangnya berjenis kelamin jantan dan betina.

“Pihak bonbin minta bantuan penggunaan senapan bius untuk melumpuhkan dua ekor harimau benggala,” kata Suharman kepada metrojateng.com, usai evakuasi harimau.

Ia mengaku sedang menyelidiki seputar penyebab terlepasnya dua harimau benggala itu. Lalu pihaknya meminta dua petugas BKSDA untuk berkoordinasi dengan personel Polsek Tugu untuk mensterilkan Bonbin Mangkang dari pengunjung.

Setelah ditelusuri, petugasnya mendapati seekor harimau benggala jantan sudah masuk ke dalam kandangnya. Namun, seekor lagi masih berkeliaran di dalam bonbin.

“Yang betina sempat tidak ditemukan keberadaannya. Tapi setelah dicari ke semua lokasi, ternyata yang betina berada di dalam gorong-gorong jembatan. Untungnya lokasinya masih di dalam bonbin,” katanya.

Tak lama kemudian, sejumlah petugas BKSDA berupaya menuntup lubang gorong-gorong tersebut dengan memakai bekas teralis besi. Saat dicoba pertama kali, harimau betina itu berontak. Hewan itu sempat menerjang keluar karena ada dugaan ram besi terlalu kecil.

“Setelah menunggu, dia masuk gorong-gorong lagi, tim memanfaatkan bekas pintu besi lain untuk menutup rapat-rapat. Begitu dapat, kita tutup lubangnya dan dibius memakai tiga kali tembakan dari tulup,” akunya.

Setelah harimau tersebut tertidur, personelnya menggotong dengan memakai ditandu dan dikembalikan ke kandangnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.