Hari Terakhir Pendaftaran Parpol Sampai Dini Hari

KPU Kabupaten Magelang menerima berkas dari sejumlah parpol yang mendaftar sebagai peserta pemilu legislatif 2019 mendatang. Proses pendaftaran ini dipantau langsung oleh Panwas Kabupaten Magelang. (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

MAGELANG – Hingga hari terakhir pendaftaran Parpol peserta Pemilu 2019 ke KPU Magelang, Senin (16/10) pukul 24.00 wib, jumlah parpol yang mendaftar ada 16. Ada dua partai yang gagal melengkapi persyaratan. Sehingga berkasnya dikembalikan oleh KPU.

Keduanya adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sementara, ada 4 parpol baru yang tercatat mendaftar, masing-masing Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

“Dua kami kembalikan untuk diperbaiki lagi. Masing-masing PBB dan PKPI,” terang Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto. PBB dan PKPI, kata Basmar, karena tidak menyerahkan F2 (bukti sah mempunyai anggota) sesuai ketentuan.

“PKPI membawa F2 tahun 2012. Sedangkan PBB membuat format F2 sendiri atau tidak seusai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol),” ungkap Basmar.

Kedua parpol ini diberi tenggat waktu 1×24 jam untuk memperbaiki berkas. “Bila sampai waktu yang ditentukan belum melengkapi, maka kedua tidak dapat di terima,” ujar Basmar. PBB sudah menyerahkan kelengkapan pada Selasa (17/10) pukul 20.55 WIB. Penyerahan dilakukan oleh Ketua PBB, Dadang Suhendar.

“Kita masih menunggu PKPI,” kata Basmar. Ditambahkan, Perindo merupakan partai yang pertama kali mendaftar sebagai peserta pemilu legislatif, pada 12 Okober lalu. Disusul PSI dan Partai Berkarya pada 15Oktober. Sehari kemudian Partai Garuda pada 16 Oktober. Hanura merupakan partai terakhir mendaftar, pukul 23.50 WIB.

Diungkapkan, bahwa sebenarnya, pengurus Partai Hanura sudah datang ke KPU beberapa hari sebelumnya untuk mendaftarkan diri. Tapi, masih ada kelengkapan berkas lainnya yang belum dipenuhi.

Masa pendaftran parpol peserta Pemilu 2019 dibuka sejak 3 September lalu dan ditutup pada 16 Oktober 2017.

Di Kabupaten Magelang, sebanyak 15 partai politik sudah menerima tanda terima penyerahan berkas verifikasi dari KPUD setempat. Penyerahan berkas di KPUD berlangsung hingga pukul 02.00 wib dini hari, Selasa (17/10). Berkas satu Parpol dikembalikan untuk dilengkapi, yakni milik Partai Idaman.

Proses pendaftaran parpol peserta pemilu ini dipantau langsung oleh Ketua Panwaskab Magelang, Habib Shaleh. Tiga komisioner dari Panwaskab langsung terjun memantau proses penyerahan berkas verifikasi Parpol di KPU Kabupaten Magelang.

“Panwas bertahan mengawasi hingga partai terakhir menyerahkan berkas pukul 02.00 dini hari, yaitu Partai Demokrat,” kata Habib. (MJ-24)

 

 

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

78 + = 81

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.