Hari ke-2 E-Tilang, Pelanggaran Menurun

Pemantauan CCTV tilang di ATCS Semarang. (arsip metrosemarang.com)
SEMARANG – Dua hari diberlakukan E-Tilang CCTV, pelanggar mengalami penurunan. Hal tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardhi.”Dihari pertama kemarin kami menerima setidaknya ada 88 pelanggaran. Di hari kedua ini mengalami penurunan menjadi 52 pelanggar, jadi artinya masyarakat mulai menyadari dan melakukan tertib lalulintas,” ujar Ardhi, Rabu (27/9).

Setelah menerima laporan dari Dishub, lanjut Ardhi, pihaknya akan melakukan tindak lanjut dengan mendatangi alamat rumah sesuai data plat nomor kendaraan. Hal terseut dilakukan guna memberikan ruang untuk konfirmasi apakah pada saat terjadi pelanggaran pemilik kendaraan tersebut yang melakukan. “Karena belum tentu pemilik kendaraan yang melakukan pelanggaran saat itu,” beber Ardhi.

Jangka waktu penindakan dengan mendatangi rumah pemilik kendaraan tersebut dilakukan sehari setelah pihak kepolisian menerima data berisi foto screenshoot plat nomor kendaraan oleh Dishub. Pihak Kepolisian akan melakukan kroscek maksimal 2×24 jam, jika nantinya memang benar maka akan ditindak dengan memberikan surat tilang.

Dalam melakukan krosscek ini, Ardhi mengatakan ia telah berkoordinasi dengan seluruh jajaran Polsek di wilayah Polrestabes Semarang. Mengingat luasnya wilayah hukum Polrestabes Semarang yang membutuhkan banyak personel untuk melakukan pengecekan.

“Ya itu untuk membantu melakukan krosscek alamat pemilik kendaraan yang melanggar. Tujuannya untuk lebih memudahkan, karena personel kami juga tidak banyak,” pungkasnya. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

85 − 80 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.