Harga Sapi Kurban Naik Rp 2 Jutaan

Lapak sapi kurban di Kendal. (foto: metrojateng.com)

KENDAL – Harga sapi kurban di Kendal tahun ini diprediksi mengalami kenaikan antara Rp 2 juta hingga Rp 3 Juta per ekor dari harga tahun lalu. Tahun 2016 lalu pada bulan menjelang Idul Adha, harga satu ekor sapi sekitar Rp 25 juta. Sedangkan tahun ini mencapai Rp 28 juta per ekornya.

“Harga saat ini naik sekitar Rp 2 jutaan, berbeda dibanding dengan tahun lalu. Secara fisik besaran hewan sama, namun harga lebih murah tahun lalu,” kata Sulaiman (52), salah seorang pedagang sapi kurban di Desa Lanji Kecamatan Patebon, Kendal, Senin (14/8) kemarin.

Rata-rata harga sapi dengan berat hidup sekitar 200 kg Rp 19 juta per ekor. Sapi yang usianya baru dua tahun kondisi agak kurus dapat dijual mencapai Rp 25 juta, sedangkan kualitas super mencapai Rp28 juta.

Menurut Sulaiman, kenaikan harga sapi dipengaruhi harga pakan sapi yang mahal. Terlebih jika pakan sapi menggunakan bahan campuran seperti bekatul dan ampas tahu. Soal pakan ini juga mempengaruhi volume stok penjualan Sulaiman.

“Karena kebutuhan pakan mahal, saat ini saya tidak berani menyetok banyak persediaan hewan kurban sapi. Untuk saat ini yang tersedia hanya ada sebanyak 24 ekor saja. Berbeda, pada tahun lalu stok hewan sapi kurban bisa mencapai 40 ekor,” beber Sulaiman.

Sementara itu, Sasmito (48) salah seorang pembeli hewan sapi untuk keperluan kurban mengaku, mahalnya harga sapi tahun ini tidak menyurutkan niatnya untuk berkurban. Menurutnya ketersediaan sapi sebagai hewan untuk kurban sangat diharapkan. Iapun menelusuri tempat-tempat para penjual sapi menggelar dagagannya.

“Harganya memang naik di banding tahun lalu. Namun kami tetap harus membeli hewan sapi kurban tersebut. Selain itu, tidak hanya memperhatikan secara kualitas fisik saja, tapi harus memenuhi syarat yang disyariatkan juga,” katanya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

73 − 68 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.