Harga Kebutuhan Pokok di Kabupaten Tegal Turun

Kebutuhan pokok yang mengalami penurunan di antaranya telur ayam ras dan bawang putih.

TEGAL – Memasuki hari kedelapan Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Tegal, Senin (13/5/2019) mulai mengalami penurunan. Hal ini terungkap, setelah Satgas Pangan Polres Tegal melakukan sidak, Senin pagi hingga siang.

Tim Satgas Pangan Polres Tegal melakukan sidak di Pasar Trayeman, Kecamatan Slawi. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Kebutuhan pokok yang mengalami penurunan di antaranya telur ayam ras dan bawang putih. Seperti kita ketahui berasama, harga dua kebutuhan ini meningkat sejak awal Ramadan di sejumlah daerah,” ungkap Ketua Tim Satgas Pangan Polres Tegal, AKP Bambang Purnomo di sela sidak.

Menurutnya, sidak yang dilakukan bersama Bulog Subdrive VI Pekalongan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) dan Dinas Kelautan Perairan dan Peternakan (DKPP) dilakukan, setelah mendapat banyak laporan dari warga.

Adapun sasaran sidak yakni dilakukan di Pasar Trayeman, Kecamatan Slawi, Pasar Banjaran, Kecamatan Adiwerna, Pasar Pepedan, Kecamatan Dukuhturi dan sejumlah pasar tradisional lainnya.

Salah satu pedagang pasar, Asri Suningsih mengaku, harga bawang putih di Pasar Trayeman mulai turun sejak Sabtu (11/5) lalu. Dimana harga semula mampu mencapai Rp 52.000 per Kilogram, kini turun menjadi Rp 33.000 per Kilogram.

Sementara, Ketua Tim Satgas Pangan Polres Tegal, AKP Bambang Purnomo menjelaskan, penurunan harga bawang putih disebabkan karena barang dari importir sudah meluas di daerah-daerah, termasuk Kabupaten Tegal.

Dia mengaku, kenaikan harga itu muncul karena minimnya produksi bawang putih dalam negeri beserta aktivitas impor yang sempat dihentikan pemerintah.

“Minggu kemarin memang sempat meroket. Namun, kini harga bawang putih mulai turun,” tegasnya.

Bambang yang juga menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Tegal itu menambahkan, harga telur ayam pun mengalami penurunan serupa, meski tidak begitu signifikan. Sebelumnya, harga telur ayam di pasaran mencapai Rp 25.000 per kilogram. Kini turun menjadi Rp 21.500 per kilogram. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.