Harga Kambing Kurban Naik Rp 300 Ribu

image

KENDAL – Menjelang hari raya Idul Adha, harga jual hewan kambing berbagai jenis di Pasar Hewan Weleri Kabupaten Kendal mengalami kenaikan  hingga  Rp 300 ribu  per ekornya.Kenaikan harga jual hewan kambing diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga pada hari raya Idul Adha akhir September mendatang. Selain kambing harga hewan kurban jenis sapi juga naik antara Rp  1 juta hingga Rp 3 juta.

Meski masih tiga  pekan menjelang  hari raya kurban atau Idul Adha, namun harga berbagai jenis hewan kambing yang terpantau dipasar hewan Weleri Senin (07/09) siang terus merangkak naik. Harga jual kambing jantan dipasaran saat ini mencapai  Rp 3  juta  yang sebelumnya hanya dijual  Rp 2.750.000 per ekornya untuk jenis kambing jawa atau gibas.

Saat ini kambing yang paling diburu konsumen untuk di jadikan hewan kurban  tahun ini yakni kambing  jenis etawa. Kini untuk satu ekor yang sudah layak dikurbankan  harganya mencapai Rp 3  juta  dari harga sebelumnya hanya  Rp 2.500.000 dengan ukuran besar.

Suparyo, salah seorang pedagang kambing mengatakan jelang lebaran haji ini kenaikan harga per ekornya mencapai Rp 300 ribu. “Kenaikan harga ini karena pesanan dan permintaan untuk hewan kurban meningkat namun pasokan stok hewan  kambing dari para peternak sedikit dan sulit didapatkan,” jelasnya.

Meski masih sekitar satu bulanan jelang perayaan hari raya idul adha namun para pedagang kambing di Pasar Weleri ini telah meraup untung banya. Jika pada hari biasa para pedagang kambing hanya mampu menjual 2 hingga 3 ekor saja, namun kini mereka mampu menjual tujuh hingga sepuluh ekor kambing per harinya.

Naiknya harga kambing diprediksi akan terus berlangsung hingga memasuki hari raya idul adha mendatang. Selain kambing harga jual sapi juga mengalami kenaikan antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

60 − 52 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.