Hanya Mitos: Gunung Slamet Meletus, Pulau Jawa Terbelah Dua

image

Sampai hari ini (17/8), status Gunung Slamet masih dinyatakan siaga dalam radius 4 kilometer oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM. Pemerintah setempat menghimbau warga untuk tetap waspada dan tidak terpengaruh informasi yang menyesatkan.

Terkait dengan kondisi Gunung Slamet di masyarakat sempat beredar beberapa mitos bila gunung yang berada di Kabupaten Pemalang ini terjadi erupsi atau letusan. Salah satu mitos menyebut jika Gunung Slamet meletus maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua.

Menurut mitos ini akibat letusan Gunung Slamet yang dahsyat? akan timbul rekahan besar yang membentang dari pantai utara ke pantai selatan sehingga air laut masuk dan memisahkan Pulau Jawa. Secara geografis Gunung Slamet memang berada hampir tepat ditengah-tengah antara batas pantai utara dan pantai selatan, serta dikelilingi setidaknya 5 wilayah kabupaten yang berbatasan langsung (Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas, Purbalingga) dan 2 wilayah yang tidak langsung (Kab. Cilacap, Kota Tegal).? Dimana jika kita lihat di peta akan membentuk suatu garis lurus yang membelah Pulau Jawa.

Tentu saja hal ini hanya mitos semata. Pemerintah setempat berharap warga di sekitar Gunung Slamet untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk petugas terkait.(*)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

9 + = 10

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.