Hamparan Sampah di Sungai Aji Timbulkan Bau Busuk

Limbah rumah tangga dan kayu ini menutup aliran air sepanjang 200 meter di Sungai Aji

KENDAL – Warga sepanjang Sungai Aji Kaliwungu Kendal mengeluhkan bau busuk dari sampah yang menggunung di aliran sungai. Sampah ini terbawa banjir akibat hujan deras dan terbawa arus sungai yang mengalir dari wilayah atas Kaliwungu.

Hamparan sampah menutup aliran Sungai Aji di Kaliwungu. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Limbah rumah tangga dan kayu ini menutup aliran air sepanjang 200 meter di Sungai Aji, Desa Plantaran Kecamatan Kaliwungu Selatan Kendal. Batang pohon, kandang ayam, hingga kasur juga ikut menumpuk di sungai.

Menurut warga setempat sampah ini menumpuk di sungai setelah terbawa banjir dari wilayah atas Kaliwungu. “Sampah yang berbawa banjir ini justru menumpuk di sungai karena tersumbat sedimentasi yang cukup tinggi. Aroma busuk pun menyebar hingga permukiman warga,” jelas Jumari warga setempat, Kamis (29/11/2018).

Meski demikian warga tidak punya pilihan lain dan tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Sementara warga lain mengatakan sampah ini bukan dari warga sekitar sungai.

“Warga yang berada sepanjang sungai selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sungai, namun hujan deras yang terjadi diwilayah atas membawa tumpukan sampah ini hingga mengendap di Sungai Aji,” kata Rustini

Warga khawatir jika tidak segera dibersihkan bau busuk semakin menyengat dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Mereka juga meminta kepada pemerintah daerah melakukan pengerukan sampah karena dikhawatirkan menyebabkan banjir.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, Sri Purwati mengatakan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan  dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk membantu menangani tumpukan sampah di sepanjang Sungai Aji. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.