Hamil Muda, Dua Calon Haji Dipulangkan

Dua calhaj tersebut nantinya akan diberangkatkan kembali pada tahun 2020 mendatang dengan status prioritas.

BOYOLALI – Dua jemaah calon haji (Calhaj) Embarkasi Solo batal berangkat ke Tanah Suci. Mereka terpaksa dipulangkan karena dari hasil pemeriksaan kesehatan kedapatan sedang hamil muda.

Jemaah calon haji menunggu jadwal pemberangkatan dari Embarkasi Solo. Foto: metrojateng.com

Juru bicara Humas Panitia Pengelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir mengatakan, kedua jemaah tersebut berasal dari Kabupaten Klaten yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 10 atas nama Suparmi (42), dan Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam Kloter 17 atas nama Adi Kurniawati (33).

“Kedua jemaah calon haji tersebut terdeteksi tengah hamil 6 minggu setelah menjalani pemeriksaan dari tim medis,” ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Afif menambahkan, pembatalan pemberangkatan jemaah calon haji tersebut sesuai dengan prosedur penerbangan. Salah satunya bahwa wanita hamil di bawah enam bulan dilarang terbang.

“Kami tidak ingin ada hal-hal yang dapat menganggu janin maupun ibu jika dipaksakan untuk berangkat,” imbuhnya.

Dua calhaj tersebut nantinya akan diberangkatkan kembali pada tahun 2020 mendatang dengan status prioritas. “Kita berangkatkan tahun depan, dan manjadi jamaah prioritas dari PPIH,” pungkasnya.

Hingga Rabu (10/7/2019), Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali telah memberangkatkan sebanyak 3.945 jemaah calhaj yang tergabung dalam 11 kloter. Sebanyak 2.867 di antaranya telah tiba di Tanah Suci. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.