Hadiri Sidang Korupsi Islamic Center, Utut Ajak Elite PDIP

Ada Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto dan Anggota DPRD Jateng dari PDIP, Dede Indra Permana.

SEMARANG- Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto untuk pertama kalinya muncul dalam sidang kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek Islamic Center Purbalingga, Rabu (12/12/2018).

Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto saat berjalan menuju kursi depan untuk bersaksi dalam kasus proyek Islamic Center Purbalingga, di PN Tipikor Semarang, Rabu (12/12/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Dalam kasus tersebut, jawara catur Indonesia ini disebut-sebut memberikan aliran dana Rp 150 juta kepada Bupati Purbalingga nonaktif, Tasdi, untuk kepentingan pemenangan Pilgub Jateng. Kasus proyek Islamic Center sendiri merugikan negara hingga Rp 22 miliar.

Utut hadir sebagai saksi di Pengadilan Tipikor Semarang dengan mengajak elit Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tempatnya berkarir politik. Di antaranya tampak Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto dan Anggota DPRD Jateng dari PDIP, Dede Indra Permana.

Jaksa menanyai Utut diberondong terkait aliran dana ke Tasdi termasuk, juga kaitannya dengan pertalian keluarga. “Kenal (Tasdi). Tidak ada hubungan keluarga,” kata Utut menjawab pertanyaan jaksa dari Komisi Pemberanatsan Korupsi.

Kehadiran Utut kali pertama setelah mangkir dua kali dengan alasan berdinas ke Turki dan Myanmar. KPK sempat akan memanggil paksa bila panggilan ketiga di sidang tak dipenuhi.

Kehadiran Utut menjadi saksi terakhir yang didatangkan jaksa KPK. Utut kemudian ditunjukkan Berita Acara Pemeriskaan (BAP) oleh jaksa KPK. Dia mengakui BAP tersebut.

“Saya telah diperiksa di KPK dan tidak ada perubahan,” katanya. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.