Hadir Pertama Kali, Startup Weekend Indonesia UNDIP Penuh Ide Baru

SEMARANG – Startup Weekend Indonesia tahun ini hadir di beberapa universitas yang ada di Semarang, salah satunya di Universitas Diponegoro. “Ini sebuah pengalaman berharga banget sih buat mahasiswa Undip dengan adanya acara se-insightfull ini.

Jujur ini membuka mata mahasiswa banget buat melek di dunia startup yang aku yakin bakal dicari banget buat kedepannya. Jadi aku berharap banget acara ini di Undip bakal ada yang kedua ketiga dan kesekian kalinya.” ujar Bartolomeus Adhika, selaku Lead Organizer Startup Weekend Indonesia Undip 1.0.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari atau 54 jam, dimana peserta bukan hanya mendapat materi dari para speakers tetapi terdapat sesi mentoring untuk para peserta agar mematangkan ide-ide mereka dalam mewujudkan startup dream-nya. Acara ini diharapkan dapat memantik para peserta dalam berinovasi dalam mewujudkan startup masa depan Indonesia.

Diawali dengan pemaparan ide-ide para peserta yang kemudian dilakukan vote untuk memilih sembilan ide terfavorit. Banyak ide startup baru yang dimunculkan dari acara ini,  seperti startup yang bertujuan untuk mempermudah ibu kantin (BuKantin) di kampus-kampus Indonesia, startup yang yang berfokus untuk membantu para lansia di kehidupan masa tuanya (F-Care), startup yang membantu dalam proses pembookingan café (Bisa Pesan) dan masih banyak lainnya.

 

Beberapa speaker yang menjadi pengisi acara ini adalah Andrie Widyastama dan Addi Ippe selaku Co-Founder of Impala Space, Aditya Dwi Putra selaku Founder Bizlab, dan Jibril Hartri Putra selaku Data Engineer di Sinarmas Multiartha. Mereka membahas mengenai beberapa hal yang mendukung pendirian startup para peserta seperti Lean Canvas, customer and market validation, prototype sprint, dan pitching idea.

Dari sembilan ide yang ada, terdapat tiga ide favorit yang dipilih menjadi juara oleh para juri. Tiga kelompok tersebut adalah BuKantin, F-Care, dan TOMI. Juara satu dari Startup Weekend Undip (BuKantin) akan mengikuti graduation day yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2020. Graduation Day ini akan dinilai langsung oleh National Judges dan kemudian akan dilakukan penentuan pemenang Startup Weekend Indonesia Online NextGen 2020.

“Asik banget selama 54 jam from zero to hero kita belajar startup bareng, tiga hari dilalui pun nggak terasa karena materi yang disampaikan seru bukan kaleng-kaleng”, kata Gigih Windu Wijaya sebagai founder BuKantin juara 1 Startup Weekend Indonesia UNDIP 1.0. (eff)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.