Habiskan Rp 700 Juta, Jembatan Suling Kini Aman Dilewati

Setelah dibangun, Jembatan Sungai Serang sekarang menjadi lebar 5 meter dan panjang 60 meter.

JEPARA – Jembatan Sungai Serang atau yang dikenal Jembatan Suling Welahan, Kabupaten Jepara kini kondisinya sudah bagus. Pembangunan jembatan penghubung antara Jepara dan Demak itu menghabiskan biaya Rp 700 juta.

Peresmian Jembatan Suling Welahan, Kamis (10/1/2019). Foto: metrojateng.com

Kondisi Jembatan Suling sebelumnya sangat memprihatinkan. Badan jalan yang terdiri dari kayu balok yang tidak rapi dengan aspal yang mengelupas, membuat warga kesulitan saat melintas. Ditambah, pagar samping jembatan yang terbuat dari besi sudah rusak.

Padahal, jembatan itu berada di tengah antara Welahan, Kabupaten Jepara dengan Desa Pecuk, Kecamatan Mijen, Kabupaten Jepara.

Hampir tiap saat, jembatan itu ramai warga yang lalu lalang. Baik jalan kaki mamupun kendaraan roda dua. Sebab, menjadi akses perdagangan menuju Pasar Welahan. Sementara, kendaraan roda empat harus memutar berjarak sekitar 5 kilometer lebih.

Kini, jembatan itu telah selesai pembangunan dan diresmikan, Kamis (10/1/2019). Selain bagus, jembatan itu dapat dilintasi mobil pribadi.

Sekda Jepara Sholih mengatakan, jembatan yang dibangun di atas Sungai Serang langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Peresmian ditandai dengan penandatangan batu prasasti, dan dilanjutkan dengan pemotongan pita. Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno, Ketua Yayasan Pusaka Klenteng Welahan Sugandi dan para pejabat terkait.

“Tanpa dukungan dari seluruh masyarakat Welahan, tentu saja pembangunan ini tidak akan tercapai,” ujarnya, Kamis (10/1/2019)

Bagi Sholih, jembatan Sungai Serang ini sudah tidak asing baginya. Saat masih bersekolah, atau sekitar tiga puluh tiga taun lalu, ia sering melewati jembatan ini, untuk menuju Kabupaten Demak.

“Dulu waktu masih sekolah, kalau mau ke Demak saya sering lewat jembatan ini, dan alhamdulilah sekarang sudah semakin bagus,” tuturnya.

Ketua Panitia Pembangunan Jembatan Darno Kundori mengatakan pembangunan Sungai Serang ini, merupakan tindak lanjut dari usulan warga masyarakat dalam forum kegiatan Tilik Desa di Welahan,  beberapa waktu lalu. Kemudian direspon dan dilanjutkan dengan proses perbaikan.

Jembatan ini, menghabiskan dana sekitar Rp 700 Juta. Menggunakan dana APBD Rp 200 juta, dan sisanya berasal dari swadaya masyarakat. Sebelum dibangun, Jembatan Sungai Serang, memiliki lebar 3 meter dan panjang 60 meter. Setelah dibangun, sekarang menjadi lebar 5 meter dan panjang 60 meter.

“Kami memberikan apresiasi kepada Yayasan Klenteng Welahan, sebagai donatur terbesar dalam pembangunan jembatan Kali Serang ini,” tandasnya.(MJ-23)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.