H-10 Tol Pejagan-Brebes Dibuka

image
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meninjau proyek jalan tol pejagan-brebes, Kamis (25/6) siang. (Metro Jateng/Anton Sudibyo)

BREBES – Jalan tol Pejagan-Pemalang dipastikan bakal dioperasikan untuk melayani arus mudik dan balik lebaran 2015. Rencananya, jalan tol akan mulai dibuka mulai H-10.

Tapi ruas yang dibuka hanya dari exit tol Pejagan hingga exit tol Brebes Timur sepanjang 20 kilometer (Km). Operasional ruas itu pun baru bersifat jalur alternatif untuk memecah kepadatan arus di Exit Tol Pejagan Brebes, pascapembukaan tol Cikampek-Palimanan (Cipali).?

“Pembukaan tol ini hanya khusus mobil. Bisa dibuat mudik sampai keluar Brebes Timur. Panjangnya 20 kilometer wilayah dalam dan 4 kilometer di pintu keluar, ” terang Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di sela tinjauan ruas tol Pejagan-Pemalang, Kamis (25/6).

Ganjar didampingi Bupati Brebes Idza Priyanti pun sempat mencoba jalur Pejagan-Brebes Timur itu. Kondisi jalur masih berupa tanah urugan yang dipadatkan dengan sebagian ruas telah dilapisi aggregate atau batu split dan pasir.

Secara umum jalan bisa dilalui dengan lumayan nyaman dengan kecepatan 40 hingga 60 km/jam. Pengemudi harus ekstra waspada karena debu pekat beterbangan, apalagi pada ruas yang belum dilapisi aggregate. Lampu penerangan dipastikan tidak ada sehingga pengemudi hanya mengandalkan lampu kendaraan.

Di sejumlah titik juga masih terdapat pembangunan jembatan tol yang belum rampung. Lalu lalang pekerja dan penduduk di atas tumpukan tanah masih terjadi.

“Tanggal 6 Juli sudah dikasih aggegate seluruhnya, harapannya pemakaian cuma siang hari jangan malam karena belum ada penerangan,” tukas Ganjar. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 4 = 4

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.