Guru Dominasi Formasi ASN Kota Semarang 2018

Kota Semarang memperoleh 709 formasi dalam penerimaan ASN tahun ini.

SEMARANG- Kota Semarang memperoleh 709 formasi dalam penerimaan ASN tahun ini. Dari 709 formasi tersebut paling banyak diperuntukkan bagi pengadaan guru dan tenaga kesehatan.

Mendagri Tjahyo Kumolo memimpin apel terpusat ASN Pemkot Semarang di Balai Kota Semarang, Senin (13/8/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

Kepastian dibukanya lowongan ASN tahun 2018 ini didapat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kepala BKD Kota Semarang, Bambang Sukono mengatakan, dari formasi itu, sejumlah 364 formasi diperuntukkan bagi guru dan tenaga kependidikan, 255 formasi untuk kebutuhan tenaga kesehatan dan sisanya 79 formasi diperuntukkan bagi tenaga teknis.

Kemudian, kata Bambang, ada 11 tenaga teknis honorer K2 di Kota Semarang yang berkasnya memenuhi syarat, sehingga masuk sebagai ASN.

“Kuota yang didapat Kota Semarang ini masih jauh dari harapan. Sebab sebelumnya kita mengajukan sekitar 3.000 kebutuhan pegawai,” katanya di Balai Kota Semarang, Rabu (19/09/2018).

Menurut dia, tingginya Kebutuhan ASN, karena dalam kurun kurang lebih 4 tahun tidak ada penambahan pegawai dan setiap tahunnya ada sekitar 600 ASN yang pensiun.

Untuk menutup kekurangan ASN sendiri, kata dia, Pemkot Semarang saat ini telah merekrut 6.000 tenaga kontrak non-ASN yang diperbantukan di masing-masing instansi. “Pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan lancar dan tidak terganggu akibat kekurangan pegawai,” ujarnya.

Secara total, jumlah formasi ASN tahun 2018 dari Kementerian PANRB sejumlah 238.015 formasi yang diperuntukkan bagi pemerintah daerah. (duh)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.