Gunung Merbabu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Kebakaran terjadi di Dusun Malang, Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.

MAGELANG – Kebakaran melanda hutan di wilayah hutan Gunung Merbabu, sejak Rabu (11/9/2019) kemarin. Hingga malam ini, kebakaran masih melanda dan semakin meluas. Atas kondisi itu, seluruh jalur pendakian ke Gunung Merbabu ditutup.

Kebakaran Gunung Merbabu terpantau dari Kota Magelang, Kamis (12/9/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto menjelaskan, kebakaran terjadi di Dusun Malang, Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.

Titik api mulai terlihat pada pukul 19.17. Pukul 22.25 api semakin membesar dan merembet ke arah puncak. “Api terpantau dari Dusun Batur Desa Wonolelo Sawangan,” terang Edi.

Para relawan masih terus melakukan pemantauan sampai sejauh mana api melalap hutan Gunung Merbabu.
Pada Kamis (12/9/2019) Sekitar pukul 00.15 dini hari, api terpantau semakin membesar. Hingga pagi hari pukul 05.45, terlihat kepulan asap dari Dusun Malang Desa Wonolelo.

Petugas dari Taman nasional Gunung merbabu (TNGMb) bersama para relawan mulai naik pada pukul 07.26 untuk melakukan pemadaman. “Dengan kondisi ini, seluruh jalur pendakian di tutup hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan,” ucap Edi.

Pada pukul 08.46, asap tebal semakin terlihat dari Dusun Swanting dan pergerakan asap ke arah utara. Ditambahkan Edi, seluruh pendaki dari Basecamp Selo Boyolali sebanyak 80 orang dan Swanting Sawangan Kabupaten Magelang sejumlah 22 orang sudah dievakuasi.

Sampai malam ini, api masih terlihat terud menyala dan merembet ke arah utara. Untuk sementara operasi pemadaman dihentikan karena berisiko di malam hari.

Untuk luas masih belum diketahui, karena pihak TNGMb yang melakukan penghitungan. Personel yang terlibat dalam pemadaman antara lain dari TNGMb, BPBD, Polri, TNI, GM, Basecamp Thekelan dan LPBD Wonolelo. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.