Gunung Merapi Kembali Meletus Freatik, BPBD Bagikan Masker

MAGELANG – Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan DIY kembali meletus freatik pada Senin dini hari (21/5) pukul 01.25 Wib. Letusan terjadi selama 19 menit.

BPBD membagikan masker kepada warga di lereng Merapi. Foto: ch kurniawati

Kali ini, letusan freatik dengan durasi lebih lama dibanding letusan serupa pada 11 Mei lalu. Hembusan angin ke arah barat sempat membawa abu Merapi turun ke wilayah Dusun Cawang, Desa Kaliurang Kabupaten Magelang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan, berdasar laporan dari BPPTKG, telah terjadi letusan freatik kecil atau hembusan terjadi selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 meter. Hal itu teramati dari pos Babadan kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Amplitudo seismik terukur 20 MM.

“Kepala BPPTKG merekomendasikan agar masyarakat tetap tenang tidak panik dan melakukan aktivitas seperti biasa. Selain itu juga diminta untuk mengantisipadi hujan abu di sekitar Merapi,” katanya.

Edi menambahkan, pihaknya segera bergerak cepat dengan membagikan masker kepada penduduk di sekitar Merapi terutama di wilayah Srumbung.

“Kondisi saat ini masih aman, namun masker tetap kami bagikan kepada warga untuk antisipasi hujan abu yang mengarah ke arah barat  atau kabupaten Magelang,” ujarnya.

Sementara itu, truk-truk penambangan stanby di kecamatan Srumbung sambil menunggu keadaan benar-benar aman. “Truk penambangan banyak yang stanby di kecamatan sambil menunggu agak siang,” imbuh Edi.

Agus Munasir, warga Srumbung mengaku kondisi warga saat ini sudah tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. “Memang sebelumnya agak panik, tapi itu biasa. Namun kemudian sudah tenang dan mereka juga sahur seperti biasa,” kata Agus. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 14 = 17

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.