Gowes Millennial Road Safety Festival, Kapolda Jateng: Setiap Hari 8 Orang Tewas Kecelakaan

Sosialisasi untuk menekan angka kecelakaan sejak dini dilakukan melalui gowes bersama ribuan peserta yang didominasi generasi milenial.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi memimpin Gowes Millennial Road Safety Festival yang diikuti sekitar seribu orang. (Ahmad Khoirul Asyhar/metrojateng.com)

SEMARANG – Rata-rata dalam sehari ada 8 sampai 9 orang tewas karena kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah. Sebanyak 40 persen dari total jumlah korban tewas akibat kecelakaan didominasi oleh kaum milenial atau kisaran usia 20 sampai 40. Hal itu diungkapkan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono sebelum melepas rombongan Gowes Millennial Road Safety Festival di depan Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (17/2/2019).

Berdasarkan data Ditlantas Polda Jateng, jumlah peristiwa kecelakaan pada tahun 2017 ada 17.526 kejadian sedangkan pada tahun 2018 ada 17.531 kejadian. Jumlah korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017 mencapai 3.319 jiwa sedangkan pada tahun 2018 ada 3.266 jiwa.

“Rata-rata di Jawa Tengah ada 8 sampai 9 orang meninggal dunia karena kecelakaan. Sebanyak 40 persen (dari jumlah korban meninggal) dari kaum milenial atau kisaran usia 20 sampai 40,” katanya di depan ribuan peserta Gowes Millennial Road Safety Festival.

Sementara di Indonesia setiap tahun ada sekitar 30 ribu orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Rata-rata ada 70 sampai 80 orang tewas setiap hari karena kecelakaan.

Gowes Millennial Road Safety Festival Polda Jateng. (Ahmad Khoirul Asyhar/metrojateng.com)

Gowes Millennial Road Safety Festival yang digelar Polda Jateng tersebut merupakan salah satu rangkaian program Millennial Road Safety Festival yang dilaksanakan Polri secara nasional di wilayah masing-masing. Program tersebut dibuat oleh Mabes Polri untuk menekan angka kecelakaan sejak dini.

“Memang program nasional dari Mabes Polri pada seluruh Kabupaten Kota se-Indonesia untuk glorifikasi Millennial Road Safety Festival. Keselamatan berlalulintas ini harus jadi kesadaran masyarakat,” ungkap Condro.

Gowes yang diikuti sekitar seribu orang tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi. Gowes dengan jarak tempuh 10 kilometer tersebut dimulai dari Jalan Pahlawan Semarang atau depan Mapolda Jateng dan berakhir di Java Mall Semarang.

“Kegiatan gowes diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas. Dengan adanya kesadaran dan komunitas tertib lalu lintas seperti ini nanti akan diimplementasikan di jalan raya dan harapannya mengurangi jumlah kecelakaan,” pungkasnya. (aka)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.