Gmedia Bekali Siswa SMK 3 Jepara tentang Fiber Optic Infrastruktur

Para siswa SMK 3 Jepara mengikuti workshop Fiber Optic Infrastuktur pada kegiatan Gmedia Goes to School. Foto : metrojateng.com/dok

 

JEPARA – Gmedia kembali mengunjungi satuan pendidikan untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang teknologi internet. Kali ini perusahaan penyedia jasa internet itu bertandang ke SMK 3 Jepara untuk mengedukasi tentang infrastruktur fiber optic dan selling communication.

Melalui kegiatan Gmedia Goes to School, workshop dan seminar dengan tema tersebut diikuti oleh siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Acara dibuka oleh Ketua jurusan TKJ, Ulil Luqman SKom. Dia mengatakan, pihaknya merasa sangat senang bisa menjalin hubungan dengan Gmedia Semarang.

‘’Acara ini membawa banyak manfaat bagi sekolah terutama siswa, karena  ada pengetahuan terkait kompetensi keahlian mereka dari Gmedia. Tentu ini juga akan menjadi bekal untuk menghadapi persaingan kerja ke depan,’’ katanya.

Selama workshop berlangsung para siswa sangat antusias dengan materi yang diajarkan.

“Dengan adanya kegiatan ini siswa menjadi antusias untuk berinteraksi dan mengetahui pemasangan fiber optic, sehingga ke depan bisa diterapkan di dunia industri,” tuturnya.

Sesi workshop mengenai Fiber Optic Infrastruktur disampaikan oleh Aldo Hani S dan Rizky Aji S selaku BSS Gmedia.

“Fiber optik merupakan jaringan komunikasi berbahan serat kaca dan memiliki banyak keunggulannya. Fiber optik menjadi pilihan oleh perusahaan ISP di Indonesia baik itu yang tertanam di dalam tanah atau di luar tanah,’’ kata Aldo.

Selain teori dasar dan penggunaan fiber optik, juga dijelaskan kelebihan dari penggunaan fiber optik.

”Kelebihan fiber optik yaitu cepat dalam mentransmisikan karena bandwidth yang dihasilkan besar dan menggunakan gelombang cahaya, tidak berkarat, ukuran kecil, ringan, serta kebal terhadap gangguan elektromagnetik atau gelombang radio,” jelasnya.

Usai menyampaikan teori seluruh peserta juga diajak untuk mempraktekkan cara menyambung kabel. Hal ini bertujuan agar peserta workshop lebih mengerti dan memiliki gambaran tentang penyambungan fiber optik. (ang)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.