Gelar Apel Kebangsaan, Ansor dan Banser Deklarasi Perangi Hoax

KENDAL – Ribuan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Kabupaten Kendal mendeklarasikan perang melawan berita palsu atau hoax dalam apel kebangsaan yang digelar di Alun-alun Kendal, Selasa (24/4).

Banser Tanggap Bencana (Bagana) dikukuhkan sebelum apel kebangsaan memperingati Harlah Ansor ke 84 di Alun-alun Kendal Selasa (24/4). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Muhammad Ulil Amri, Ketua PC Ansor Kendal, mengatakan apel kebangsaan yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Lahir GP Ansor yang ke-84.

Dalam peringatan kali ini, tambah Ulil, pihaknya mengangkat tema “Meneguhkan Semangat Nasionalisme dalam Menjaga NKRI dan Merawat Tradisi Ahlussunah wal Jamaah”.

“Bagi kami NKRI adalah harga mati. Tradisi islam ala ahlussunah wal jamaah yang sudah secara turun-temurun diajarkan oleh para sesepuh dan pendiri NU relevan dengan konteks kebangsaan di tanah air kita tercinta ini,” terang Ulil.

Ulil selaku Ketua PC GP Ansor Kendal telah menginstruksikan kepada seluruh pengurus dan anggota untuk mengenakan atribut Ansor dan Banser dalam aktivitas kesehariannya selama tiga hari sejak 23 hingga 25 April 2018.

Setelah apel kebangsaan yang dibuka pukul 13.00 WIB, anggota Ansor dan Banser menggelar majlis dzikir Rijalul Ansor dilanjutkan salat isya berjamaah di stadion Kebondalem Kendal. Kemudian dilanjutkan konser kebangsaan yang akan menghadirkan band-band rock nasional dan lokal.

Sebelum apel kebangsaan, sebanyak 150 anggota banser tanggap bencana atau Bagana dikukuhkan dan dilantik. Bagana ini usai menjalani pelatihan dasar selama tiga hari dengan materi penanganan dan penanggulangan bencana. Peserta Diklatsar Bagana ini berasal dari Semarang, Jakarta, Surabaya, Kalimantan dan Kendal.

Suasana haru terlihat saat satu persatu Bagana disiram air sebagai tanda sudah selesai melaksanakan diklatsar. Sejumlah bagana juga histeris dan pingsan setelah selama tiga hari digembleng instruktur dari basarnas semarang.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Adi Wijaya yang memimpin apel kebangsaan berharap Banser dan Ansor untuk bersama-sama eleman masyarakat lainnya melawan hoax. “Saya berharap Banser dan Ansor untuk lebih bijak menggunakan media sosial,” tegasnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.