Gedung Kong Tik Soe Terbakar, Seorang Penjaga Tewas

Pemadam kebakaran mengerahkan 12 mobil damkar untuk memadamkan api. Sekitar pukul 08.00 api sudah padam dan dilakukan pendinginan.

SEMARANG – Gedung Kong Tik Soe di kompleks Klenteng Tay Kak Sie, Jalan Gang Lombok, Semarang Tengah, ludes terbakar, Kamis (21/3/2019) pagi. Seorang penjaga bernama Sutiyono atau Om Lay (82) tewas terbakar dalam insiden tersebut.

Petugas pemadam kebakaran sibuk memadamkan api yang melahap habis bangunan Kong Tik Soe bagian tengah yang berfungsi sebagai tempat penghormatan leluhur. Foto: metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar

Menurut penjaga Klenteng Tay Kak Sie, Sofian Candra, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30. Saat itu ia melihat asap mengepul dari arah rumah abu Tjie Lam Tjay. Ia mengira asap tersebut berasal dari pembakaran sampah di belakang.

“Saya dekati, ternyata api sudah besar sama asap tinggi. Pintu utama rumah abu tertutup rapat,” ujarnya.

Saat di dekat pintu utama, Candra melihat korban Sutiyono sudah dalam posisi duduk dan diam. Ia berusaha mendobrak pintu tetapi tidak bisa lantaran terkunci dari dalam. Ia kemudian meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api dan melapor ke pemadam kebakaran.

“Pintu saya dobrak tidak bisa. Kalau korban posisinya sudah duduk diam. Api sudah besar dan melahap habis bangunan,” ungkapnya.

Pemadam kebakaran mengerahkan 12 mobil damkar untuk memadamkan api. Sekitar pukul 08.00 api sudah padam dan dilakukan pendinginan.

Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Adi Nugroho mengatakan, saat ini masih dilakukan penyelidikan terkait kebakaran tersebut. Belum diketahui secara pasti terkait penyebab kebakaran.

“Penyebab belum tahu, menunggu hasil labfor. Tim labfor akan lakukan olah TKP di lokasi. Dugaan sementara disebabkan arus pendek di bangunan,” katanya.

Bangunan yang ludes terbakar merupakan gedung Kong Tik Soe bagian tengah yang berfungsi sebagai altar penghormatan kepada leluhur.

Di dalam bangunan tersebut terdapat Sien Ci atau papan nama orang yang sudah meninggal. Total ada sekitar 150 Sien Ci yang ikut terbakar. Api juga melahap bagian depan dan dinding pembatas dengan Balai Pengobatan Yayasan Tjie Lam Tjay dan Kantor Yayasan Kong Tik Soe. (aka)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.