Gedung Baru Dinas Kesehatan Kota Semarang Bakal Ramah Lingkungan

Gedung dinas kesehatan kota dan parkir memang sudah disyaratkan harus ramah lingkungan.

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta pembangunan gedung dinas kesehatan kota dan gedung parkir yang sedang dilakukan oleh Dinas Tata Ruang, harus mengusung konsep go green atau ramah lingkungan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan sejumlah pejabat mengikuti acara pembangunan gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang, di Jalan Pandanaran, Senin (5/11/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

Bahkan jika ada tanaman yang terkena kegiatan pembangunan harus diganti dengan tanaman hijau yang baru. Hal ini sebagai bagian bersama-sama berkomitmen untuk mengatasi pemanasan global dengan menjadi bagian kota yang berkonsep go green.

“Seperti kita bisa contoh gedung parkir di Bandara Ngurah Rai Bali, itu kan keren. Bangunannya keren, ada tamannya hijau, jadi bikin sejuk orang yang nunggu parkir di situ,” katanya usai melakukan groundbreaking pembangunan gedung dinas kesehatan dan gedung parkir di Jalan Pandanaran, Senin (05/11/2018).

Wali kota yang akrab disapa Hendi ini, juga mengharapkan pada kegiatan konstruksi teknis pembangunan gedung memperhatikan ramah lingkungan. Misalnya dengan pemakaian lampu LED yang hemar energi, sehingga pemakaian listrik tidak terlalu besar.

“Ini bagian daripada koitmen go green. Kemudian air bersihnya, ya nanti harus pakai air PDAM, jangan hanya mengambil air tanah atau artetis. Atau bahkan bisa dengan metode baru, yaitu air limbah dari sebuah gedung itu bisa diolah, nanti dinaikkan (dipakai) lagi, jadi pemakaian air kayak recycle, jadi nanti jadi sebuah gedung yang go green,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang Irwansyah menuturkan bahwa pembangunan gedung dinas kesehatan kota dan parkir memang sudah disyaratkan harus ramah lingkungan. Mengikuti kaidah-kaidah lingkungan yang baik.

“Antara lain ya pemakaian lampu-lampu hemat energi, banyak penghijauan dengan pohon-pohon, dan lain sebagainya,” katanya. (duh)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.