Gateway Baru DHL Express, Tampung Satu Juta Kiriman

Luas 6.000 Meter Persegi

Sejauh ini penyedia layanan pengiriman barang secara ekspres internasional itu telah menjangkau hingga 220 negara dan teritori

SEMARANG – DHL Express meningkatkan kapasitas pengiriman dengan membangun gateway baru di Kota Semarang. Gudang cargo seluas 6.000 meter persegi itu akan mampu memproses dan menampung satu juta kiriman dari wilayah Jawa Tengah dan DIY.

DHL Semarang
Jajaran pimpinan DHL Express Indonesia dan stakeholder melaksanakan groundbreaking gateway baru DHL Express di Jalan Pamularsih Semarang, Kamis (6/12/2018). 
(Foto : Anggun Puspita)

Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia, Ahmad Mohamad mengatakan, ke depan melalui gateway baru ini pihaknya berharap dapat menghubungkan usaha-usaha di Jawa Tengah dan DIY dengan negara-negara di dunia.

“Fasilitas ini akan menghubungkan bisnis di Jawa Tengah, terutama Semarang, Solo, dan Yogyakarta ke pasar internasional,” ungkapnya pada groundbreaking gateway baru di Jl Pamularsih Semarang, Kamis (6/12/2018).

Sejauh ini penyedia layanan pengiriman barang secara ekspres internasional itu telah menjangkau hingga 220 negara dan teritori. Adapun, alasan DHL menanamkan investasi senilai Rp 49 miliar untuk gateway baru di Semarang, karena kebutuhan pengiriman dari Jawa Tengah ke berbagai negara meningkat pesat.

“Kami mencatat kiriman itu disumbang oleh produk garmen seperti pakaian dan sepatu yang diproduksi di Jawa Tengah. Selain itu, juga produk UMKM dari dua provinsi Jawa Tengah dan DIY,” katanya.

Maka itu, lanjut dia, pihaknya optimistis pembangunan gateway baru tersebut membantu pelaku usaha dalam pengiriman barang dengan proses yang lebih cepat dan tepat waktu, disamping juga mendorong pertumbuhan bisnis DHL Express.

Diketahui, fasilitas tersebut akan berfungsi sebagai gateway dan bonded zone/TPS (Tempat Penimbunan Sementara) serta regulated agent dengan keahlian screening untuk ekspor. Dikelola oleh 30 Spesialis Internasional Bersertifikat, fasilitas gateway baru akan dilengkapi dengan peralatan canggih, seperti unit dual view X-ray yang memberikan citra yang lebih jelas untuk proses pemindaian, Explosive Vapor and Trace Detector, dan motorized conveyor system untuk meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan barang kiriman.

“Kami targetkan fasilitas ini akan selesai dibangun selama delapan bulan ke depan. Sehingga, kami dapat menyediakan layanan logistik ekspres internasional terbaik di kelasnya bagi para pebisnis di Jawa Tengah dan DIY,” imbuh Ahmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki menyampaikan, investasi yang dilakukan DHL Express di Kota Semarang ini tidak hanya mendukung bisnis dan produk untuk ekspor ke luar negeri, tapi juga dapat membantu dalam menanggulangi kemiskinan serta pengangguran.

“Kontribusi DHL Express ini menguatkan eksistensi Kota Semarang dalam penanaman investasi. Sekaligus mendukung pelaku bisnis dalam mengirimkan produknya ke luar negeri,” katanya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.