Garap Majalah, SMAN 2 Kendal Gelar Pelatihan Jurnalistik

image
Ilustrasi

KENDAL – SMA Negeri 2 Kendal mengadakan pelatihan jurnalistik sebagai persiapan penerbitan majalah oleh sekolah tersebut. Tiga pembicara dihadirkan untuk memberikan pengetahuan dan pengalamannya di bidang jurnalistik, fotografi dan desain.

Dalam pelatihan jurnalistik ini,  tiga pemateri yakni Wikha Setiawan (Jurnalis Koran Sindo), komunitas Omah Gores, dan Kendal Jepret dihadirkan. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (11/11) itu diikuti 25 peserta yang merupakan siswa di sekolah setempat.

Muslichin, guru pembimbing jurnalistik SMAN 2 Kendal mengatakan bahwa banyak potensi siswa yang perlu dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan ekstra, di antaranya pelatihan jurnalistik. Untuk itu, pihaknya menggandeng pemateri yang memang berkompeten.

“Ada tiga materi dalam pelatihan ini, yakni penulisan berita, fotografi, dan ilustrasi (gambar). Tiga hal ini berkaitan dalam dunia jurnalistik,” ujarnya, kemarin.

Masing-masing pemateri, lanjut dia, diberi waktu minimal satu jam dan maksimal dua jam. Terkait metode, pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada pemateri. Namun, pihaknya meminta minimal para peserta mampu memahami untuk kemudian mengembangkan apa yang telah disampaikan pemateri.

“Lewat pelatihan seperti ini, kita harap para siswa memiliki bekal untuk terjun ke dunia jurnalistik. Praktiknya nanti pada penerbitan majalah sekolah,” lanjutnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

6 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.