Gara-gara Operasi Zebra, Jaringan Curanmor Weleri Terbongkar

Dua tersangka berperan sebagai pemetik dan tiga lainnya merupakan penadah motor-motor curian

KENDAL – Tim Reskrim Polsek Weleri meringkus lima anggota komplotan pencuri sepeda motor yang biasa beraksi di wilayah Kendal dan sekitarnya. Komplotan curanmor ini terbongkar setelah salah satu penadah terjaring Operasi Zebra.

Lima anggota komplotan curanmor diringkus Tim Reskrim Polsek Weleri Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Lima anggota komplotan curanmor ini terdiri dari dua pelaku sebagai pencuri, sedangkan tiga lainnya menampung motor hasil curian. Pengungkapan kasus curanmor ini berawal dari tertangkapnya Andika, salah satu penadah saat polisi menggelar Operasi Zebra.

Dari pengembangan Reskrim Polsek Weleri, akhirnya diketahui bahwa Yamaha RX King yang dibawa Andika adalah motor curian. Kapolsek Weleri AKP Abdullah Umar mengatakan dari keterangan tersangka, polisi akhirnya membekuk Nur Fathoni yang menjual motor curian itu.

“Kami juga menangkap Erwin seorang penadah yang menukarkan sepeda motor curian dengan Nur Fathoni. Modus menukarkan motor curian ke penadah lainnya untuk menghilangkan jejak,” kata kapolsek saat gelar perkara, Selasa (13/11/2018).

Sementara dari keterangan Erwin  diketahui pelaku pencurian sepeda motor yakni Masrokan alias Kantong dan Eko Adi Setiawan warga Nawangsari Weleri Kendal. Kedua tersangka mengambil sepeda motor yang diparkir di depan rumah warga dan tidak dikunci.

“Saya bertugas mengawasi dan Eko yang mengambil sepeda motor. Hasil curiannya kemudian dijual ke Erwin dan tidak tahu jika kemudian ditukar lagi dengan motor lainnya,” tutur Kantong.

Sementara penadah barang curian, Erwin mengaku membeli dari Masrokan dengan harga Rp 2,6 juta. Kemudian untuk menghilangkan jejak ia barter motor tersebut dengan motor curian yang dibeli Nur Fatoni.

Kelima pelaku dijerat dengan pasal berbeda. Dua pelaku pencurian dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara sedangkan tiga penadah sepeda motor curian dikenakan pasal 480 KUHP.

Dari komplotan pencuri sepeda motor ini polisi mengamankan tiga sepeda motor curian. Tersangka kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Weleri untuk  mempertanggungjawabkan perbuatannya. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.