Ganjar Tanyakan Kondom pada Siswa SMA Brebes

image
Gubernur Ganjar "mengajar" di SMA 2 Brebes. Foto: Metro Jateng/byo

BREBES – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melanjutkan program Gubernur Mengajar, Kamis (12/2). Kali ini gubernur mengajar di SMA 2 Brebes di Jalan Ahmad Yani 77.

Tema yang dibawakan gubernur berambut putih itu tentang Desa. Kegiatan di aula sekolah itu diawali pertanyaan Ganjar soal masalah di desa asal para siswa. Para pelajar yang merupakan campuran kelas X, XI, dan XII itu menjawab beraneka ragam. Di antaranya soal jalan rusak, pendidikan tertinggal, banyaknya pengangguran, kesehatan buruk, dan tingginya angka kemiskinan.

“Ternyata sama ya, seluruh desa di Jateng ini masalahnya sama. Saya sudah mendaftar masalah-masalah itu dan sama dengan yang kalian sampaikan,” kata Ganjar sambil menunjukkan daftar problem desa di layar proyektor.

Selanjutnya dijelaskan Undang-Undang Desa yang mengamanatkan dana miliaran APBN untuk setiap desa. Namun dana itu tidak akan dimanfaatkan sesuai kebutuhan jika tanpa perencanaan dan program yang baik. Perencanaan ini membutuhkan partisipasi setiap warga desa, termasuk para pelajar.

Dalam suasana pengajaran yang cair dan penuh tawa, Ganjar memantik keberanian para siswa dengan memanggil satu persatu ke depan. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan akan mendapat buku.

Suasana semakin ger-geran ketika Ganjar membahas soal angka kelahiran di desa. Salah satu siswa ditanya perihal program Keluarga Berencana (KB). Pertanyaan mengalir hingga alat-alat kontrasepsi.

“Kamu tahu kondom? Tahu bentuknya, kegunaan dan cara pakainya?” kata Ganjar pada salah satu siswa.

Pancingan-pancingan yang nyerempet hal-hal vulgar itu sengaja dilontarkan Ganjar untuk memantik antusisasme siswa. Setelah siswa tertarik, Gubernur yang lahir di Karanganyar itu menjelaskan pentingnya pendidikan soal reproduksi pada siswa sejak dini. “Ini penting lho, pendidikan, daripada nyoba-nyoba sembunyi-sembunyi lalu free sex,” jelasnya.

Gubernur Mengajar di SMA 2 Brebes yang dimulai pukul 10.00 itu berlangsung sekitar dua jam. Bupati Brebes Idza Priyanti, Wakil Bupati Narjo, dan Kapolres Brebes AKBP Fredy Sambo ikut menyimak Gubernur Mengajar yang berakhir pukul 10.00. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.