Ganjar Pilih Shalat Id di Lereng Gunung Slamet

image
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyerahkan sapi kurban seberat 667 kilogram

BERBEDA dengan Gubernur Jateng sebelumnya, Ganjar Pranowotidak mau menjalankan shalat Idul Adha di Semarang. Ia memilih sebuah desa terpencil di lereng Gunung Slamet.

Ya, Kamis (24/9) pagi ini Ganjar shalat Idul Adha di Masjid Baiturrochim, Dusung jumbleng, Desa Binangun, Kecamatan Mrepet, Kabupaten Purbalingga.Ganjar datang bersama istri Siti Atikoh, sejumlah kerabat, dan kepala satuan kerja perangkat daerah termasuk Pejabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo.

Kedatangan orang nomor satu di Jateng itu disambut hangat oleh warga. Masjid kecil itu penuh sesak hingga jamaah meluber ke halaman dan jalan. Menurut penuturan warga setempat, baru kali ini ada gubernur berkunjung dan shalat di desa mereka.

Ganjar mengatakan, dirinya sengaja memilih desa terpencil untuk sekaligus berdekatan dan dialog dengan masyarakat.

“Kalau shalatnya di Semarang terus, kapan ketemu rakyat yang jauh. Saya ingin tradisikan hal ini. Ketemu masyarakat bisa sekalian dialog dan mengetahui keluh kesahnya,” kata?nya, usai shalat.

?Idul Adha tahun lalu Ganjar shalat di sebuah masjid kecil di Sayung, Demak. Kebiasaan Ganjar ini berbeda dengan gubernur dan wakil gubernur terdahulu. Biasanya mereka selalu shalat idul fitri maupun Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan Masjid Baiturrahman yang keduanya berada di Kota Semarang.

“Tahun depan, saya dan Pak Heru Sudjatmoko (wakil gubernur) akan mencari desa yang belum pernah dikunjungi pejabat. Mungkin di Pantura, Kedu atau eks karesidenan Surakarta,” ucapnya.

Pada takmir masjid setempat, gubernur menyerahkan seekor sapi jenis lokal PO Kebumen sebagai hewan kurban. Ia sengaja memilih sapi lokal, karena kualitasnya tak kalah dengan impor. Posturnya tinggi besar dengan bobot mencapai 667 Kg. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 7 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.