Ganjar Minta Pengelola Klenteng Sam Poo Kong Bangun Masjid

Sam Poo Kong identik dengan Laksamana Cheng Ho yang selama ini ditonjolkan sebagai seorang muslim.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta pengelola Kelenteng Sam Poo Kong untuk menyiapkan lahan untuk dibangun masjid. Selain itu, juga agar menambah ragam souvenir dan kuliner dengan syarat harganya tidak “ngepruk” alias mahal.

 

“Sehingga, pengunjung akan semakin banyak jika pengelolaan Sam Poo Kong makin berkualitas,” kata Ganjar. Hal tersebut ia ungkapkan tatkala ikut menghadiri acara perayaan Tahun Baru China 2570 di Sam Poo Kong, Selasa (5/2/2019).

 

Tiba di Sam Poo Kong, Ganjar berkeliling untuk melihat kemeriahan atraksi barongsai dan liong.

 

Ia melihat perayaan Imlek bersama Wakil Gubernur Taj Yasin dan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi serta Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi.

 

“Sam Poo Kong ini bagus penataannya. Saya minta soal kebersihannya dijaga. Kemudian ciptakan event-event menarik, bisa kelas nasional bahkan kelas dunia, karena tempatnya sangat memenuhi,” ujarnya.

 

Ia menginstruksikan kepada pengelola klenteng supaya menyiapkan satu tempat untuk dibangun masjid. Sebab, Sam Poo Kong identik dengan Laksamana Cheng Ho selama ini ditonjolkan sebagai seorang muslim.

 

Harapannya harus mampu menjaga semangat pluralisme. Termasuk mengajak pengunjung mengetahui sejarah mendalam perjalanan Cheng Ho dan pembangunan klenteng. (far)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.