Ganjar Ajak Warga Manfaatkan e-Filing untuk Lapor SPT Pajak

Pengisian SPT PPh melalui eFiling dapat diakses dengan mudah, kapan saja, dan dimana saja

SEMARANG – Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I mulai mengimbau masyarakat untuk menyampaikan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh). Hal itu berlaku untuk semua wajib pajak (WP) tak terkecuali Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Suparno menyaksikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan pengisian SPT PPh WP Orang Pribadi Tahun Pajak 2018 melalui eFiling dikantornya, Senin (4/2/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Dengan disaksikan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Suparno, Ganjar melakukan pengisian SPT PPh WP Orang Pribadi Tahun Pajak 2018 melalui eFiling.

“Penyampaian SPT PPh melalui eFiling ini sangat mudah dan cepat, bisa dilakukan dimana saja, tidak perlu datang dan antre di Kantor Pelayanan Pajak, bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan gadget saja,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Senin (4/2/2019).

Pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 8 Tahun 2015 mewajibkan Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia (ASN/TNI/Polri) untuk mematuhi dengan mendaftarkan diri sebagai WP, membayar pajak, serta mengisi dan menyampaikan SPT PPh melalui eFiling.

Suparno menjelaskan, pengisian SPT PPh melalui eFiling dapat diakses dengan mudah, kapan saja, dan dimana saja melalui https://djponline.pajak.go.id. Pihaknya pun mengajak semua masyarakat Jawa Tengah untuk segera menyampaikan SPT PPh.

“Batas waktu penyampaian SPT PPh WP Orang Pribadi sampai dengan akhir Maret 2019, sedangkan SPT PPh WP Badan sampai dengan akhir April 2019,” jelasnya.

Penyampaian SPT PPh harus disampaikan dengan benar, lengkap, jelas dan tepat waktu. Informasi terkait tata cara pelaporan SPT PPh dengan eFiling dapat diperoleh melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP), menghubungi Kring Pajak 1500200, dan/atau menghubungi Account Representative (AR) atau Petugas Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Sementara itu, sampai dengan akhir tahun 2018 tercatat sejumlah 688.593 WP telah menyampaikan SPT PPh atau 78,43% dari total 877.916 WP yang wajib menyampaikan SPT Tahunan. Jumlah tersebut terdiri dari 48.229 WP Badan, 102.184 WP Non Karyawan, dan 538.180 WP Karyawan yang telah menyampaikan SPT Tahunan PPh di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I pada tahun 2018.

Dari sisi penerimaan, sampai dengan akhir tahun 2018, Kanwil DJP Jawa Tengah telah berhasil mengumpulkan total penerimaan sebesar Rp 26,6 Triliun atau 82,71 % dari target penerimaan Kanwil DJP Jawa Tengah I tahun 2018 sebesar Rp 32,1 triliun. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.