Ganjar: Adnan Buyung Adipati Penegak Hukum Indonesia

image

PEKALONGAN -?Kabar meninggalnya pengacara senior Adnan Buyung Nasution? membuat kaget Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gubernur menyebut Buyung sebagai adipati penegak hukum Indonesia.

Ganjar mengatakan, dirinya sudah sejak lama memantau kondisi kesehatan Buyung. Ia mengetahui kondisi terakhir pada Selasa (22/9) malam. Namun ia tidak mengetahui jika Buyung meninggal pada Rabu (23/9) sekitar pukul 10.17.

Ia baru tahu ketika ditemui wartawan di sela-sela kunjungan kerja di Pekaongan.”Hah serius? Innalillahi wa inna ilaihi rojiun,” kata Ganjar, spontan.

Ganjar Pranowo memang dikenal punya hubungan baik dengan pengacara senior berambut jabrik itu. Ganjar mengaku aktif berkomunikasi, baik semasa masih menjadi Anggota DPR RI maupun setelah menjadi Gubernur Jateng. Bahkan Buyung sempat menjadi kuasa hukum Pemprov Jateng dalam sidang gugatan pendirian Pabrik Semen di Kabupaten Rembang.

Menurut Ganjar, Buyung adalah tokoh penting di dunia hukum Indonesia.”Dia tokoh luar biasa. Indonesia kehilangan adipati penegak hukum yang handal. Yang tahu LBH, pasti tahu Bang Buyung,” katanya.

Menurut Ganjar, Buyung bisa dijadikan teladan bagi pengacara-pengacara saat ini. Buyung merupakan contoh riil pengacara yang gigih memperjuangkan kebenaran.

Kabar Buyung meninggal dunia ini juga ramai dibicarakan media sosial. Di berbagai forum juga menyampaikan duka untuk pria berusia 81 tahun yang akrab disapa Bang Buyung ini.

Sementara Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng sekaligus anggota Komisi A DPRD Jateng Sriyanto Saputro menyebut Buyung sebagai “Pendekar Hukum” di Indonesia. Ia melihat kecerdikan dan keberanian Buyung saat memperjuangkan kebenaran. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.