FKTP Semarang Masuk Nominasi ”FKTP Berkomitmen” Tingkat Nasional

FKTP Berkomitmen -BPJS Kesehatan Cabang Semarang kembali menggelar penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama FKTP Berkomitmen.(ist/tya)

SEMARANG, METROJATENG.COM – BPJS Kesehatan Cabang Semarang kembali menggelar penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama FKTP Berkomitmen. Kegiatan ini untuk mendorong Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS..

Kegiatan ini melibatkan Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Asosiai Klinik serta Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Kesehatan Indonesia (PKFI). Proses seleksi dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kantor cabang, kemudian tingkat kedeputian dan puncak penghargaan akan diberikan di tingkat nasional.

“Untuk wilayah kerja kami untuk tingkat Kedeputian Wilayah Jateng dan DIY, kategori Puskesmas diwakili oleh Puskesmas Lebdosari, untuk klinik Pratama oleh klinik Yakes Telkom, sedangkan DPP dan dokter gigi diwakili oleh dokter Nina Noor dan dokter gigi Rhina,” tutur Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, I Gusti Ayu Mirah S,

Beberapa indikator utama penilaian FKTP ini antara lain meliputi nilai rekredensialing terakhir lebih dari 75, nilai KBK rata-rata semester I di tahun 2021 dengan capaian nilai 3-4, serta indikator lanjutan. FKTP yang dapat dinilai ini pun harus yang sudah bekerja sama paling sedikit 1 tahun.

Selain itu FKTP yang mengikuti proses seleksi memperoleh penilaian tambahan seperti pemanfaatan antrean elektronik yang terkoneksi Aplikasi Mobile JKN, respon dokter pada kontak tidak langsung melalui Mobile JKN Faskes, kontak tidak langsung dan capaian screening kesehatan.

Keluar sebagai nominator tingkat nasional, salah satu program unggulan dari Yakes Telkom seperti program Seharum “Sehat Di Rumah” yaitu program edukasi peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) dengan menggunakan aplikasi Zoom dikombinasikan dengan video call.

“Kegiatan ini kami kemas dua kegiatan, Seharum Sehat di rumah ini untuk seluruh peserta Prolanis. Lalu untuk Prolanis dengan HbA1c di atas 10 dan mikrall di atas 200 kami kelompokkan sendiri untuk lebih fokus penanganannya, jangan sampai keadaannya lebih parah,” ucap dokter di Klinik Yakes Telkom, Ratna.

Selain itu pihaknya juga sering adakan berbagai kegiatan seperti Health Talk pada saat antrean pasien, Konsultasi Gizi (KoZi) untuk pasien-pasien yang perlu dikelola pola makanannya, Program Welleness Assistance Retirement (WAR) yang merupakan program promotif preventif dalam kelompok kecil dengan kondisi khusus, Senam Virtual meliputi senam jantung sehat, Senam Therapeutik dan Yoga, serta Program Pagi Ceria yakni sharing session peserta Prolanis yang berhasil meningkatkan kesehatannya.

“Bersyukur sekali dari BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Klinik Yayasan Kesehatan (Yakes) Telkom Regional Jateng dan DIY maju ke nominasi tingkat nasional penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berkomitmen. Harapannya FKTP lain dapat ikut terinspirasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada peserta,” kata Mirah. (tya)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.