Festival Kesehatan Astra Gaungkan Semangat Hidup Sehat

Penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards tahun 2019 bidang kesehatan M. Afifi Romadhoni (kedua kanan) mengajarkan santri-santri cara menggosok gigi yang baik di Jambi (foto diambil sebelum pandemi COVID-19).(ist/tya)

 

JAKARTA, METROJATENG.COM – Tidak terasa sudah lebih dari tujuh bulan masyarakat Indonesia hidup di tengah pandemi  COVID-19.  Oleh  sebab  itu,  kesehatan  menjadi  hal  esensial  yang  terus-menerus digemakan  oleh  berbagai  pihak.  Astra  turut  berperan  dalam  menyebarkan  pentingnya kesehatan  yang tertuang dalam  inspirasi gaya hidup sehat  pada  Festival  Kesehatan  yang diadakan   dengan  tema  “Semangat  Hidup  Sehat  di  Era  Adaptasi Kebiasaan Baru.”   Pada  Festival  Kesehatan  yang  diadakan  untuk  memperingati  Hari  Kesehatan  Nasional  ini hadir Direktur Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Riskiyana Sukandhi Putra,  M.Kes  yang  mewakili  Direktur  Jendral  Kesehatan  Masyarakat  Kementerian Kesehatan  RI  dr.  Kirana  Pritasari,  MQIH  dan  Chief  of  Corporate  Affairs  Astra  Riza Deliansyah. 

 “Kami  mengapresiasi  Astra  yang  konsisten  memberikan  bantuan,  termasuk  dalam penanggulangan COVID-19. Kami berharap acara seperti ini menjadi ajang komunikasi dan berbagi pengalaman yang bermanfaat untuk masyarakat di era pandemi ini. Karena protokol kesehatan jika dijalankan dengan ketat, dapat memutus rantai penyebaran COVID-19,” ujar Direktur Riskiyana. 

Festival  Kesehatan  Astra  yang  diadakan  dalam  rangka  Hari  Kesehatan  Nasional  ini, menghadirkan  berbagai  narasumber  inspiratif  yang  akan  membahas  hidup  sehat  di  era adaptasi kebiasaan baru. Astra tentunya berkomitmen untuk selalu menjalankan kontribusi sosial di pilar kesehatan. Salah  satu programnya ialah Astra  mendukung Kemenkes untuk mencegah  stunting  anak  di  Rote  Ndao,  NTT.

” Kita  berikan  edukasi  gizi, pembangunan  sarana  posyandu  dan  juga  instalasi  air  bersih.  Astra  juga  sedang mengembangkan iPosyandu di mana ada 1.500 posyandu yang terlibat, tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Chief Riza.  Sementara itu  acara  bincang  inspiratif  yang  menghadirkan  Kepala  Pusat  Pelatihan  dan Kerjasama  Internasional  Kependudukan  dan  Keluarga  Berencana  BKKBN  RI  dr.  Irma Ardiana,  MAPS,  penerima  apresiasi  Semangat  Astra  Terpadu  Untuk  Indonesia  (SATU Indonesia) Awards 2019 bidang kesehatan M. Afifi Romadhoni, public figure Andien Aisyah, Chef Martin Natadipraja dan Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti.   Selain itu juga diadakan  peluncuran  program  Pesantren  Sehat  Astra, workshop  memasak  dan  pengumuman  pemenang  berbagai  lomba  yang  telah  diadakan sebelumnya seperti Aorta Innovation Challenge, sebuah apresiasi tertinggi terhadap inovasi program unggulan oleh komunitas remaja binaan Astra yang bergerak di bidang kesehatan. 

 Ada  juga  apresiasi  posyandu  dan  kader  kesehatan  binaan  Astra  (Avicenna)  serta  lomba #5HariHidupSehat di Instagram yang telah diikuti 700 peserta.   Festival  Kesehatan  Astra  diikuti  oleh  kurang  lebih  2.000  orang  dari  penggerak  Kampung Berseri  Astra  dan  Desa  Sejahtera  Astra,  berbagai  komunitas  kesehatan  binaan  Astra  dan masyarakat umum.     

Dokter Alumni Pesantren Penerima  apresiasi  SATU  Indonesia  Awards  2019  bidang  kesehatan  M.  Afifi  Romadhoni yang akrab  dipanggil Afif ini berbagi inspirasi  tentang  pendirian Gerakan  Pesantren  Sehat (GPS) sejak tahun 2017.   Perjuangan  Afif  berangkat  dari  keprihatinan  terhadap  kebersihan  dan  kesehatan  santri ketika dia sendiri mengenyam pendidikan di bangku pesantren beberapa tahun silam.  

 “Sekarang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) digaungkan di mana-mana. Semua orang diingatkan  untuk  mencuci  tangan,  menggunakan  sabun  dengan  air  mengalir  dan sebagainya.   Kami merasa sangat bersyukur telah memperjuangkan hal ini ke teman-teman di pesantren sejak beberapa tahun lalu,” ujar Afif yang memiliki mimpi untuk memperluas GPS ke seluruh pelosok negeri.  Benda-benda yang harusnya dipakai secara terpisah seperti sabun, sikat gigi dan handuk, seringkali  dipakai  bersama  dan  bergantian.  Stigma  “belum  santri  kalau  belum  kudisan”  ia perangi bersama dengan 73 anggota GPS yang rutin mendatangi pondok pesantren untuk memberikan  penyuluhan  kesehatan,  berbagi  informasi  seputar  PHBS    bersama  santri, berdiskusi lewat tanya jawab hingga membuat agen kesehatan di pesantren.  Astra  mengajak  Afif  berkolaborasi  dalam  program  Pesantren  Sehat  Astra  untuk  bersama-sama mengajak seluruh masyarakat pesantren binaan dengan pelatihan dan pendampingan bergerak bersama menjalankan PHBS.  Festival Kesehatan dan inspirasi dalam mengutamakan Pola Hidup Bersih dan Sehat yang digaungkan oleh Afif sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. (tya)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.