Fenomena Suara Aneh di Langit Pekalongan Diduga dari Jet

Hasil diskusi kami bersama tim kemungkinan besar suara dengungan dari pesawat

SEMARANG- Suara gemuruh yang muncul di langit Pekalongan sempat mengejutkan masyarakat setempat pada Jumat (14/12/2018) pukul 01.00 WIB.

Penerjun Koppasus melayang di langit Alun-alun Satya Negara Sukoharjo. Foto Metrojateng

Stasiun Klimatologi Kelas I, BMKG Kota Semarang mengungkapkan bila fenomena suara gemuruh itu kemungkinan dipicu pesawat terbang bermesin besar yang melintasi langit Pekalongan.

“Hasil diskusi kami bersama tim kemungkinan besar suara dengungan dari pesawat. Mungkin bisa diteruskan ke pihak Airnav, atau bandara, tentang pesawat yang melintas saat itu di wilayah Pekalongan dan sekitarnya,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I, BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso.

Pihaknya saat ini sedang menelusuri sumber suara gemuruh tersebut. Penelusuran melibatkan tim-tim ahli cuaca untuk mendeteksi perubahan angin usai Pekalongan diguyur hujan lebat.

Salah seorang warga Pekalongan, Naviah mengatakan, terkejut dengan munculnya gemuruh suara. Mendung ditambah gerimis yang mengguyur kampungnya membuat suara itu makin
jelas terdengar. Munculnya gemuruh itu sekitar 1 menit.

“Mirip suara pesawat atau helikopter, karena sangat dekat dengan rumah saya,” ujarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, saat gemuruh itu muncul di Pekalongan, tidak ada satu pun aktivitas kegempaan dan perubahan cuaca yang drastis.

Ia berpendapat kalau dari profil suaranya itu mirip suara pesawat jet. Sangat mungkin, kata dia, pesawat jet terbang agak rendah. “Itu kan tekanan jetnya memecah udara, jadi terdengar suara. Aktivitas cuaca soalnya juga nihil,” imbuhnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.